MENIKMATI KEINDAHAN BAWAH LAUT PANTAI LOBA-LOBA, BUTON TENGAH, SULAWESI TENGGARA

4:44 AM

Hallo semuanya..
Hari Kamis beberapa minggu yang lalu, tepatnya tanggal 4 Feb 2016 aku kembali melakukan perjalanan travelling. Tempat tujuan aku kali ini adalah Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Sebenarnya sekitar bulan Desember 2015 lalu aku sudah pernah ke Sulawesi Tenggara, hanya saja pulau yang aku kunjungi saat itu adalah Pulau Kabaena. Buat kamu yang penasaran sama perjalanan aku ke Pulau Kabaena kemarin, silahkan klik disini.

Aku menggunakan pesawat jam 04.30 pagi dari Bandara Soekarno-Hatta, perjalanan ditempuh sekitar 3 jam dan transit di Makassar. Harga tiket pesawatnya sendiri bervariasi, waktu itu aku mendapatkan tiket dengan harga 1,5 jt. Harga tiket pesawat tujuan Indonesia bagian timur memang agak lumayan, jadi pantes aja kalo orang lokal lebih memilih untuk liburan ke luar negeri dibanding menjelajahi pulau-pulau di Indonesia. Untuk sampai di Pulau Buton Tengah nggak ada pesawat yang langsung. Jadi mau nggak mau harus transit dulu di Makassar untuk berganti pesawat. Pagi itu sekitar jam 8 aku sudah sampai di Makassar, pesawat aku selanjutnya berangkat jam 10 pagi. Hanya saja pesawatnya delay 1 jam, jadi sekitar jam 11 siang aku baru meninggalkan Kota Makassar menuju Kota Bau-Bau. Perjalanan ditempuh sekitar 1 jam. Sekitar jam 12 siang aku sudah sampai di Kota Bau-Bau.

Dari kota Bau-Bau aku langsung menuju Pelabuhan Murhum, jaraknya kurang lebih hanya 5 km dari Kota Bau-Bau. Penyebrangan dari pelabuhan Murhum menuju Pelabuhan Wara di Wamengkoli (Buton Tengah) memakan waktu kurang lebih selama 15-20 menit. Tarif peyebrangan 50-100rb per-kapal (optional) jika menyewa kapal, atau bisa menggunakan Speed Boad dengan tarif 20rb/orang, tetapi jika menggunakan speed boad diharuskan menunggu sampai penumpang penuh. Dari Pelabuhan Wara menuju Kec. Lakudo (Ibukota Buton Tengah) dilanjutkan dengan menggunakan mobil sewaan dengan tarif 300rb/hari atau angkutan umum dengan tarif 25-30rb/orang. Perjalanan di tempuh kurang lebih 30 menit.

Aku berada di Buton Tengah selama 4 hari. Banyak tempat wisata yang aku kunjungi disana, diantaranya adalah goa dan pantai. Buton Tengah sendiri terkenal dengan sebutan Negeri Seribu Goa karena di pulau ini terdapat banyak goa. Well.. di post kali ini aku mau menceritakan salah satu tempat wisata yang aku kunjungi disana yaitu Pantai Loba-Loba.
Pantai Loba-loba terletak di Kec. Lakudo. Aksesnya dapat ditempuh melalui pelabuhan wamengkoli dengan menggunakan perahu sewa dengan biaya 200rb, dibutuhkan waktu sekitar 5-10 menit dari pelabuhan menuju lokasi diving atau snorkeling. Pantai ini memiliki banyak terumbu karang dan jenis ikan yang beraneka ragam. Oleh karena itu pantai ini sering dijadikan tempat untuk snorkeling ataupun diving
Sayangnya jarang sekali wisatawan lokal yang melakukan aktifitas diving atau snorkeling di tempat ini. Kebanyakannya malah wisatawan asing. Aku sendiri hanya melakukan snorkeling di tempat ini, padahal pengen banget bisa diving disini :(.
Ini bukan pengalaman pertama aku melakukan snorkeling di pantai, tapi suasananya beda sekali. Sebelumnya aku melakukan snorkeling di Pulau Harapan yang berada di Kepulauan Seribu, sayangnya nggak banyak terumbu karang ataupun ikan-ikan lucu yang aku lihat saat itu.
Di Pantai Loba-Loba ini terumbu karangnya masih terlihat perawan (hahahaha bahasanya) xD. Ada beberapa jenis ikan yang aku temukan disini, hanya saja aku nggak tau nama-nama ikannya. Sepertinya aku harus lebih banyak belajar lagi tentang pengetahuan laut dan speciesnya ^^.
Padahal ini baru snorkeling loh, kalo diving mungkin akan lebih banyak lagi keindahan bawah laut yang bisa ditemukan di Pantai Loba-Loba Buton Tengah ini.
Semoga suatu saat aku bisa kembali kesini dan melakukan diving ^^.

Buat kamu yang penasaran sama indahnya terumbu karang dan ikan-ikan kecil di pantai ini, silahkan klik video di bawah ini ^^..
Oke dear.. sekian sharing aku kali ini. Semoga tulisan ini bisa jadi referensi buat kamu yang mau travelling ke Pulau Buton Tengah dan menikmati keindahan lautnya. Oia.. buat kamu yang akan melakukan snorkeling ataupun diving, jangan lupa siapkan sunblock untuk melindungi kulit kita, karena setelah kembali ke Jakarta kemarin kulit aku bener-bener gosong :(.

Sampai ketemu di post travelling berikutnya ya..

With love,

Hani Hikaru

You Might Also Like

11 comments

1. wah pantai...... jerit pingin nyebur...

ReplyDelete
  2. biasanya cuma bisa memuji foto2 bawah laut dari org2 yg seneng diving dan snorkeling :).. maklumlah aku takut bgt nyebur ke laut mbak -__-.. jd boro2 diving dan snorkeling, berenang aja ga lulus :D.. cakep bgt bawah lautnya yaa :)..

tapi memenag bener hrga tiket k indonesia timur itu mahal2.. itu 1.5 juta one waykan ya? sama dgn tiket ke jepang kalo lg promo tuh ;D

Replies
    1. iya 1,5 one way.hihihi..
      malahan lebih murah tiket ke singapore atau malay yah.
      tapi aku lebih cinta sama Indonesia sih ^^

Delete
  3. Permisii, mba'e, aku abis dari pantai batukaras buat surfing bulan lalu. Masi berjuang buat balikin tone wajah dan muka ke olive skin nih, susaahhh. Masi struggling gini, diajak snorkel ke ujung kulon. Oh my god, pengen sih tapi kebayang gosongnya itu hiks hiks.. Can you share apa aja snorkel/beach essentials dari mulai skincare dan make up during that watersport activity? Butuh masukan niih. Kemaren pake bananaboat spf 110 ke muka dan badan..tetep aja gosong kusam. Aku sedih 😢

ReplyDelete
  4. Permisii, mba'e, aku abis dari pantai batukaras buat surfing bulan lalu. Masi berjuang buat balikin tone wajah dan muka ke olive skin nih, susaahhh. Masi struggling gini, diajak snorkel ke ujung kulon. Oh my god, pengen sih tapi kebayang gosongnya itu hiks hiks.. Can you share apa aja snorkel/beach essentials dari mulai skincare dan make up during that watersport activity? Butuh masukan niih. Kemaren pake bananaboat spf 110 ke muka dan badan..tetep aja gosong kusam. Aku sedih 😢

Replies
    1. setau aku pemakaian sunblock itu gak cuma diperhatiin SPF nya aja, kalo aktifitas kamu banyak terkena sinar matahari gitu pemakaiannya harus rajin buat di ulang, jadi nggak cuma dipake sekali aja.

5. Duh, pemandangannya cantik banget, bikin pingin nyelem :(

Salam,
    Asya

Replies
    1. haii salam kenal juga..
      cobain deh di jamin bakalan nagih ^^

Delete
  6. Mantap,, kereenn.. kembali lg kesini kak.

Replies
    1. semoga ada rezeki untuk balik lagi kesana :)

Delete

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.