JERAWAT OH JERAWAT PART 3 : SETELAH 5 MINGGU MENGGUNAKAN PRODUK ERHA CLINIC

5:37 AM

Hallo sweetty..
Sudah baca artikel pertama dan artikel kedua aku yang membahas tentang jerawat kan? di artikel kali ini aku mau share sama kamu semua kondisi wajah aku setelah menggunakan produk dari Erha Clinic selama 5 minggu terakhir. 
Sebelum kamu liat foto kondisi wajah aku sekarang, aku bakalan lebih dulu membahas beberapa produk yang diresepkan oleh dokter.
Krim yang aku dapatkan lumayan banyak, tapi pada umumnya sama yaitu pembersih wajah, krim pagi dan krim malam. Jenis krim yang dikasih ke setiap orang bakalan beda disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan permasalahan kulit masing-masing, jadi aku bakal ngereview produk yang dokter kasih ke aku lebih singkat.
Aku sendiri mendapatkan 8 produk yang terdiri dari 2 item pembersih wajah, 2 krim pagi dan 4 krim malam.
Selain itu dokter juga meresepkan obat minum Antibiotik Doxy Plus untuk penggunaan 2 minggu dengan harga Rp. 127.500,-. Oke.. aku bakal ngebahas semua produknya secara berurutan.
PEMBERSIH WAJAH
Aku dapet 2 macam pembersih wajah. Yang pertama adalah Erha 21 DF Simply Remove 60 ml gunanya untuk membersihkan wajah dari debu dan makeup. 
Bentuknya gel dengan warna putih susu. Makeup remover ini aman digunakan di area wajah dan bibir tanpa dibilas dengan air. Cara penggunaannya cukup diusapkan pada wajah dan leher. Pijat lembut dengan melingkar ke atas, kemudian bersihkan dengan kapas. Harganya Rp. 64.000,-.
Pembersih wajah kedua adalah Erha 21 DF Erha 1 Facial Wash For Normal Skin 60 ml. Digunakan untuk membersihkan wajah dari kotoran dan sisa makeup tanpa menjadikan kulit kering. Dengan kombinasi AHA, DMAE, Nicotinamide dan Ekstrak Aloe Vera dapat membersihkan minyak dikulit wajah, sehingga kulit wajah tampak bersih, lebih cerah dan bercahaya. Bentuknya gel warna putih bening. Harganya Rp. 64.500,-. Erha Facial Wash ini digunakan setelah menggunakan Erha 21 DF Simply Remove.
KRIM PAGI
Aku mendapatkan 2 macam krim pagi, yang pertama AFT SS (Acne Face Treatment For Sensitive Skin 15 g), warna krim nya putih susu teksurnya sedikit cair dan mudah diratakan ke wajah, setelah menggunakan krim ini wajah menjadi lebih lembab. Harga krim ini Rp. 64.500,-. Yang kedua AF 4 (Acne Foundation 4 15 g) warna krim nya kuning dengan teksur sedikit cair, dilengkapi dengan SPF jadi melindungi aku dari paparan sinar matahari. Krim ini dibandrol dengan harga Rp. 79.500,-.
KRIM MALAM
Untuk krim malam yang aku gunakan ada empat macam. Yang pertama AMG 2 (Acne Moisturizer Gel 2 15 g). Bentuknya gel putih bening, mudah diratakan di wajah dan digunakan paling pertama sebelum krim yang lainnya, harganya Rp. 54.500,-. Kedua ada Erha 5 (Evening Moisturizer For Sensitive Skin 10 mg) bentuknya krim kental dengan warna putih susu dibandrol dengan harga Rp. 82.000,- dan yang ketiga Evalen Krim 10 mg, warna krimnnya putih susu dan teksur krim ini paling kental di banding krim lainnya, harga krim ini Rp. 60.000,-. Penggunaannya yaitu dengan cara mencampurkan krim kedua dan ketiga dengan perbandingan 2:1, setelah tercampur baru diratakan ke seluruh wajah. Untuk penggunaan semua krim malam tidak boleh mengenai bibir dan area mata.
Krim malam yang terakhir adalah Acne Lotion 2 50 ml. Bentuknya cair berwarna putih, karena lotion ini memiliki dua fase jadi sebelum digunakan harus dikocok terlebih dahulu agar lotionnya tercampur. Acne Lotion ini cuma digunakan di beberapa area yang ada jerawatnya saja. Fungsinya adalah untuk mengeringkan jerawat di wajah. Saat dioleskan ke wajah warnanya bening tetapi setelah lotionnya kering di wajah warnanya akan berubah menjadi putih. Jadi jangan kaget kalo habis pake lotion ini wajah jadi cemong-cemong.hehehe
Oke.. sekarang waktunya melihat perkembangan kulit wajah aku setelah menggunakan perawatan dari Erha Clinic selama 5 minggu.
Foto pertama diambil pada tanggal 8 Mei 2015 tepat dihari pertama aku berobat ke Erha Clinic Pondok Indah. Kondisi jerawat di kening hanya beberapa saja, area pipi kiri masih ada jerawatnya dan di pipi kanan jerawatnya paling banyak dibanding area lain, dibagian bawah pipi kanan juga ada jerawat yang lumayan besar.
Foto kedua aku ambil pada tanggal 3 Juni 2015 tepat setelah 26 hari menggunakan perawatan dari Erha Clinic. Di area kening 98% jerawat hilang hanya tinggal 1-2 jerawat saja. Untuk pipi kiri jauh lebih baik dari sebelumnya walaupun masih ada beberapa jerawat tapi jelas banget keliatan jerawatnya berkurang. Untuk pipi kanan juga keliatan perubahannya, jerawat besar di bawah pipi sudah hilang, di area dekat telinga dan bagian atas pipi jerawatnya tidak numpuk seperti sebelumnya, jelas keliatan jumlah jerawatnya juga berkurang.
Foto terakhir aku ambil kemarin 10 Juni 2015, selang satu minggu bisa aku simpulkan jerawat dikening hilang 100%. Untuk area pipi kiri juga sudah bebas dari jerawat tinggal sedikit bekas di dekat bibir. Sedangkan untuk pipi kanan masih ada beberapa sisa jerawat yang mengering dan lebih di dominasi dengan sisa-sisa bekas jerawat yang lebih banyak di banding area lainnya.
Bisa disimpulkan kalau aku cocok menggunakan perawatan dari Erha Clinic karena aku merasakan sekali perubahan yang positif untuk kondisi wajah aku walaupun masih ada beberapa jerawat yang mejeng di pipi kanan dan noda bekas jerawat yang belum hilang tapi terlihat jelas perubahan yang signifikan. Mengobati jerawat memang membutuhkan waktu yang lumayan lama, nggak bisa 1-2 bulan langsung hilang sama bekas-bekasnya, harus telaten dan sabar. Ini rincian biaya untuk tindakan dan obat yang diresepkan oleh dokter :
1. Biaya Administrasi Rp. 15.000,-
2. Konsultasi Skin Rp. 200.000,-
3. Ekstraksi Milia-Grade B Rp. 220.000,-
4. Antibiotik Doxy Plus Rp. 127.500,-
5. Erha 21 DF Erha 1 Facial Wash For Normal Skin 60 ml Rp. 64.500,-
6. Erha 21 DF Simply Remove 60 ml Rp. 64.000,-
7. AMG 2 (Acne Moisturizer Gel 2 15 g) Rp. 54.500,-
8. AF 4 (Acne Foundation 4 15 g) Rp. 79.500,-.
9. Acne Face Treatment For Sensitive Skin 15 g Rp. 64.500,-
10. Acne Lotion 2 50 ml Rp. 67.500,-
11. Evalen Krim 10 mg Rp. 60.000,-
12. Erha 5 (Evening Moisturizer For Sensitive Skin 10 mg) Rp. 82.000,-
13. Pot 10 g Rp. 2.500,-
TOTAL BIAYA yang dihabiskan adalah Rp. 1.101.500,-
Kalau ada yang nanya perawatan di Erha itu mahal ? aku jawab nggak, karena semua harga krim dari Erha Clinic dibawah IDR 100 ribu, aku rasa harganya sama seperti harga krim dipasaran. Selain itu krimnya bisa digunakan dalam jangka waktu 1,5 - 2 bulan pemakaian. Aku menghabiskan satu juta lebih karena kondisi jerawat aku yang sudah parah jadi krim yang diresepkan lumayan banyak. Oh iya.. di foto terlihat beberapa krim yang kondisinya sudah nggak penuh lagi karena foto-foto diatas aku ambil beberapa hari yang lalu. Walaupun sudah digunakan lebih dari satu bulan bisa terlihat sesuai difoto kalo isi krimnya masih banyak.hehe..
Sekian dulu sharing aku kali ini sweetty..
Semoga tulisan aku kali ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mengalami permasalahan wajah seperti aku. See you on my next post ^^...
Silahkan di klik ^^
JERAWAT OH JERAWAT PART 1
JERAWAT OH JERAWAT PART 2



You Might Also Like

156 comments

  1. Jerawatnya better..Semoga cepet hilang 100% yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhu.. alhamdulilah, semoga bisa mulus kaya dulu ^^.

      Delete
    2. update dong tahun 2016..masih ke erha gak kak?aku juga mulai baru berjerawat meradang ni.

      Delete
    3. udah nggak. aku udah pake skincare drugstore sekarang..

      Delete
    4. Say, mau tanya dong ...
      Kira - kira kalo kita regist baru dan mau konsul gt bisa gak ya di Erhapotecary?
      Thx youuu mohon infonya :)

      Delete
    5. bisa kok soalnya di erha apothecary ada praktek dokternya juga.

      Delete
  2. Wah bekas jerawatnya juga makin pudar ya Han.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya queen sedikit demi sedikit lumayan pudar walaupun butuh waktu yang agak lama, semoga bisa mulus lagi kaya dulu ^^

      Delete
  3. alhamdulillah sembuh ya han.. semangat hanny cantik^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum 100 % sih ka, tapi setidaknya jauh lebih baik dari sebelumnya ^^..
      Thank you yah ka ^^

      Delete
  4. aku jg pernah kok ngerasain kek cc, semangat buat sembuhnya cc :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus kamu sembuhnya pake apa?
      Maksih yah ^^

      Delete
  5. Aku jg pernah perawatan di erha clinic surabaya pas waktu SMA, soalnya wajahku berjerawat dan membekas, 1 tahun perawatan di erha dan aku msh tinggal d probolinggo hasilnya memuaskan tp biayanya udh hbs byk ditambah laser rejuve + suntik injeksi tiap kluar jerawat. Tapi stelah aku kuliah di surabaya jerawatnya muncul lagi dan bekasnya bertambah merah. Aku mau pindah ke LBC semoga hasilnya memuaskan dan sembuh total. Amin
    mkasih ya cc hani sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku malah nggak cocok di LBC, kalo baca post aku yang awal-awal, aku pernah review juga. Malah jerawat aku makin parah semenjak di LBC dan asal mulanya jadi makin meradang gara2 perawatan disana karena aku nggak cocok. Mungkin yang namanya perawatan dokter memang cocok2kan yah. Semoga cocok di kamu ^^

      Delete
  6. wah smg mulus lagi ya, aku mau nyoba erha juga nih tp maih mikir2, aku tunggu review km setelah lepas daari erha :)

    ReplyDelete
  7. sis, singkatan AMG2 dan AFTSS nya ga ketuker kah ? kok di blog AFTSS ditulis Acne Moisturizer Gel 2 :) moga2 pakenya juga ga ketuker....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oia cuma ketuker tulisan aja. Pake nya nggak ketuker. Aku pake AFTSS pagi dan AMG 2 malam.

      Delete
  8. Hallo salam kenal ya..
    Aku jg pengguna erha sudah dr bulan april. Dua kali kontrol ttp masih diresepkan krim yg sama pagi amg2 af5 malam amg2 aftss. Jerawat msh tetep nongol sih tp ga seheboh waktu sebelum ke erha.
    Km masih tetep ada nongol jerawat ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah jerawat aku udah hilang, belum aku update lagi post nya ^^. Ini tinggal usaha buat ngilangin bekasnya ^^. Semoga cocok di Erha ^^

      Delete
  9. Halo, aku juga ngalamin hal yang sama. Wajah mulai berjerawat sekitar 5 tahun yang lalu. Jerawat makin heboh, besar dan merah di seluruh wajah semenjak tindakan Laser CO2 di dokter lama (ceritanya mau hilangin bekas jerawat karena sudah sedikit jerawatnya).. Desember 2014 aku putusin pindah ke erha, dan hasilnya sudah kelihatan selama 1 bulan... sampai sekarang aku masih di erha. sempat beberapa kali ganti resep, sekarang yang aku pakai pagi amg 1 + af 4 malamnya anc 1 atau aft (selang seling).. yang amg 2 dulu pernah diresepkan untuk krim pagi, tapi ternyata kurang efek ke muka aku karena dosisnya terlalu rendah lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aku juga setelah beberapa kali pindah klinik ternyata nggak cocok, bukan sembuh yang ada malah makin parah. Tapi syukurlah aku cocok di erha dan jerawat udah ilang 100% tinggal ngilangin bekasnya ini ^^

      Makasih udah sharing ^^

      Delete
    2. Hallo, aku juga pernah ngalamin hal yang sma, tpi lebih parah. Dan yang aku alami jerawat batu. Aduhh malu banget kalo keluar rumah, apalagi aku masih sekolah. Harus punya kesabaran extra ya kalo ditanya sma orang "itu mukamu kenpa?" Dan blablabla. Cuman bisa jawab senyum doang. Jerawatku awalnya gara-gara suka cobacoba produk di pasaran dan mulai ketika msuk kls 2 sma jerawat makin parah. Tapi skrng syukur udah agak mendingan dan tinggal bekasnya aja semenjak di bawa k dokter kulit di kotaku. Thanks buat reviewnya membatu banget

      Delete
    3. sama-sama dear..
      Makasih udah mau sharing ^^

      Delete
  10. Haniii... kapan mo ke erha lagi? aq ikut dunk... uda banyak yg rekomen erha tapi males banget klo sendirian kesana. hihihi... btw kamu selalu ke erha PI y? pernah coba ke yang di depok ngga? sama kecenya ngga y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku paling bulan depan, nunggu creamnya abis aja baru kontrol. iya aku erha di PI belom pernah ke erha yang lainnya. Kalo mau ayo bareng biar aku ada temen juga. Jerawat aku udah 100% ilang loh ^^

      Delete
  11. Mba, mau nanya, aku juga pernah pake erha, udah 6 bulan pake g ada perubahan. Aku erha bandung. Aku mau nanya klo mba sehari hari pake mobil kah?? Mba ngerasain pengaruh jerawat dengan kendaraan yg digunakan dan kondisi cuaca (bndung dan jakarta) kbtulan mba kan pernah dibandung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih kerasa.. tinggal di Jakarta perubahan lebih keliatan. Waktu di Bandung aku sering pake motor di jakarta aku pake mobil jadi mungkin ngaruh juga karena di bdg lebih sering kena debu.

      Delete
  12. Hallo ka.. aku depresi nih tiba2 jerawat ku heboh bgt dan jd item2.. aku emg jerawatan tp gk prnh seheboh skrg dan entah udh berapa puluh obat yg aku coba tp gk ada yg ngaruh :'(. Td nya aku mau nyoba LBC tp liat posting km jd ragu, apa aku coba erha ya? NSC, murad, dr.Kun dll udh prnh aku coba sih.. minta saran nya kak.. thx :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang namanya dokter kulit memang cocok-cocokan. Jadi ya mesti dicoba dulu kalo mau tau cocok apa enggak. Yang pasti kalo ngobatin jerawat itu harus bener-bener sabar dan telaten.

      Delete
  13. ka, kalo konsultasi di erha apothecary nya bayar ga?

    ReplyDelete
  14. Mbak..ktanya di erha itu ktergantungan yaa?
    Aku jerwatan prah udah hmpir 2 tahunan..pindah sana sini ga cocok
    Trus ada tmen yg nyaranin buat berobat ke dr wayan mudana spkk
    Akhirnya aku coba kesana..alhamdulillah dr bulan juli udah ada perubahan..mlah kmaren2 smpet mlus tinggal ngilangin bekas2nya aja..eh tp skrng ga tau knp kumat lg...mungkin gra2 akunya jg ga bs jga mkn sm masih suka kluyuran ke hutan2 hiksss :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut aku sih nggak. cuma pasti bakal beda hasilnya kalo kulit yang melakukan perawatan sama yang nggak melakukan perawatan.

      Delete
  15. Semisal di padu dengan krim lain bagaimana? misal masih pakai bedak tabur ataupun foundation (yang tidak memicu jewarawat) saya ingin pakai erha, tapi tetap tidak terkegantungan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga masih suka pake makup kok tapi nggak setiap hari ^^.

      Delete
  16. Wah cocok ya mba...
    Aku baru aja konsul, rada deg2an, , ,
    Pemakaian awal ada pengelupasan kahh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulit aku nggak mengelupas kok. mudah-mudahan cocok yah ^^

      Delete
  17. Ka aku olivia pake erha sekitar 3mingguan muka aku emg sensitif dan berminyak skg pake erha malah jadi keluar jerawat2 dan gatel gimana ya ka lanjut apa jangan yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran aku sih konsultasikan lagi ke dokter tentang permasalahan yang kamu alami.

      Delete
  18. Hai Hani,aku Dien. Aku apoteker jg lho berarti kita sejawat nih..
    Mau tanya nih selama di erha kamu perawatan apa saja? Rutin atau gak tuh?
    Muka aku beruntusan jg, terutama di daerah batas kerudung. Dan kalo mau bulanan muncul jerawat gede. Aku coba klinik dan dokter spKK di kota ku gak ada perubahan. Sekarang udah 2 bulan ini pindah Jakarta ikut suami tugas beruntusku makin banyak aja, tertarik erha tp takut gak cocok lagi. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo Dien. salam kenal...
      Aku nggak melakukan treatment atau perawatan apapun. hanya menggunakan creamnya aja.dokter kulit emang cocok-cocokan sih. coba dulu aja. mudah-mudahan cocok juga di kamu ^^. mengobati jerawat itu memang harus sabar dan telaten.

      Delete
  19. Hai kak.. aku keiko, aku ngalamin hal yg sama juga nih.. wajahku beruntusan daerah pipi dan sekitar dagu, awalnya gak parah beruntusannya, tapi wktu itu aku snorkling, dan kerasa bgt wajahku terasa perih stlh kna air laut, dan stlh itu mkin bnyk beruntusannya, krna stress sndiri jadinya, aku mutusin buat facial, eh malah makin tmbh parah trnyata... gak hilang, aku cuci muka pkai sabun tea tree, spy ngurangin kadar minyak, dan krna gak pede, kalo kerja aku make up dan kututpin pk bb cream, trnyata mkn tmbh bnyk bruntusannya, pgn konsul ke erha, segaknya pgn ilangin beruntusan sm bekas beruntusannya itu, nenurut kak hani gmn, minta sarannya kak.. tq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran aku sih kalo udah mencoba berbagai macam cara tapi nggak kunjung sembuh dan malah parah, mending konsulkan saja sama ahlinya. oia sekedar info.. setau aku kalo lagi jerawatan nggak boleh facial loh, yang ada malah memperparah jerawatnya.

      Delete
  20. Thanks sharenya mba Hani.. aku dulu semenjak skripsian mulai jerawatan gede gedee.. ampe dibilang "lg cacar ya?"..huhu
    Trus makin parah selesai sidang skripsi gara2 aku berenang,, dan puncaknya desember-januari kemarin.. eta jerawat arisan di mukaku. Sdh pernah coba k klinik lain dan ke dokter kulit d hermina jg tp ga terlalu ngefek juga,, tapi alhmdulillah sekarang jerawat sdh mulai berkurang dgn bantuan kangen water. Sekarang tinggal hilangin bekasnya, dan aku mau coba ke erha klinik buat mulusin muka aku lagi. Semoga cocok.. aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngobatin jerawat emang perlu waktu yang lumayan lama dan bener-bener mesti sabar. semoga cocok yah di erha nya ^^

      Delete
    2. Mbak hani, permasalahan kulitnya sama kayak aku, ini aku juga lagi perwatan di LBC sudah 6 bulan tapi jerawat gk ilang2.
      Kira2 di erha, creamnya ambil ga semua bisa gak ya mbk?

      Delete
    3. Bantu jawab😊
      Bisa ga semuanya diambil kok ka, tergantung kitanya mau ambil yg mana..

      Delete
  21. Erha clinic sama erha skin itu sama gg ya ?

    ReplyDelete
  22. Erha clinic sama erha skin itu sama gg ya ?

    ReplyDelete
  23. kak produk yang diresepin dokter apa harus dibeli semua ? kalau semisal belinya dilain hari bisa ?

    ReplyDelete
  24. Wah mba sangat bermanfaat sekali postingannya, baru aja saya mau cari tau ttg beberapa klinik wajah td nya salah satu tempatnya yg klinik wajah yg mba hani datangi tp setelah baca ternyata it's not better ya, kayaknya bakal coba klinik yg erha ini deh, btw mba saya mau tanya skrg kan udh thn 2016 nih apa msh pake produk erha atau udh brhenti stlh jerawat hilang 100% ?

    Terima kasih mba hani 😃 i'm so glad to reading your post, can't wait another post

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo..
      aku udah nggak pake erha lagi karna satu dan lain hal ^^

      Delete
    2. Kalau bole tahu skr pake apa mba hani...? :)

      Delete
    3. Banyak dan macem2 skincare routine nya, nanti aku post satu2 yaa...

      Delete
    4. Banyak dan macem2 skincare routine nya, nanti aku post satu2 yaa...

      Delete
    5. hai mba, aku kurnia, punya masalah jerawat seperti kakak juga.
      kan kakak udah berhenti dari ERHA nih, trus muka kakak kembali seperti dulu nggak setelah penghentian total ?
      karna banyak yang bilang pake ERHA itu ketergantungan.

      Delete
    6. akan berubah kalo nggak dirawat lagi, tapi aku langsung pakai perawatan skincare yang lain.

      Delete
  25. Hi ka salam kenal. Minta review erhanya lg dong di tahun 2016 ini apa masih pake erha atau enggaaaak. Makasih kaka😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo..
      aku udah nggak menggunakan erha ^^

      Delete
  26. Mba aku juga di erha nih udah sebulan tapi gaada perubahan. Mukaku kan sensitif, pas konsul pertama dikasih cc10, setelah 2 minggu dikasih cc50 dan mukaku makin merah:(((( gimana ya mba. Saran dongg. Makasih:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu sampe 3 bulan, kalo gda perubahan berarti nggak cocok ^^

      Delete
    2. Mbak Hani, hello. Saya mau numpang share juga u/mbak Amani. Saya udh 2 tahun pake Erha. Seingat saya, CC itu diberikan setelah jerawat yg meradang udh kering.kalau konsul pertama udh dikasih CC, mungkin berat di kulit mba apalagi lgs CC 50 setelah 2 minggu pakai CC 10. Sy mulai dengan CC 5, terus 10.Dan sy masih bertahan dgn CC 10 karena sy ga mau kl kulit saya merah walau dokter maunya kasih CC 25. Saya mau pelan pelan aja biar kulitnya ga kaget. Semoga bisa mbak konsultasikan dgn dokternya ya.

      Delete
    3. thank you sudah sharing ^^

      Delete
  27. Halo mba hani, aku juga pernah ke erha tapi lumayan waktu awal awal jerawat saya agak berkurang, tapi udah hampir 7 bulanan saya malah ada lagi jerawatnya, saya udah konsultasikan ke dokternya tapi saya malah ragu untuk meneruskan lagi di erha karena setelah ada perubahan malah balik lagi ke awal, padahal aku rutin juga makai nya. Dan skrg saya bingung harus memilih skin care apa lagi soalnya saya sudah menghabiskan uang cukup banyak juga di erha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you buat sharingnya mba..
      dokter kulit emang cocok2kan ^^

      Delete
  28. haii mbak hanii . . makasi info2nyaa mbak ^.^ mau nanya dong mbak, kog skarang udah gk gunain erha lg ya mbak? apakah mukanya mbak udah mulus 100% . . hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukaku udah nggak jerawatan sejak lama. Udah nggak di erha lagi karna aku ganti skincare lain dan udah balik ke bandung. Sedangkan dokter yg cocok ama aku adanya di Pondok Indah Jakarta.

      Delete
    2. Sekarang pakai skincare apa say?
      Btw aku jg pakai LBC but setelah treatment(lupa nama treatmentnya) hidung aku malah numbuh jerawat kecil2 hft:(

      Delete
    3. aku pake skin care drug store. nanti akan aku buatkan artikel terpisah yah tentang skincare yang aku gunakan saat ini.

      Delete
  29. Halo kak.. jerawat aku persis ky punya nya kak Hani d kening pipi kiri sama pipi kanan. Tp lebih banyakan pipi kanan soalnya ada jrawat yg gede2. Persis pokoknya ky punya kak Hani. Stress banget, soalnya baru ini jerawatan dan langsung parah ky gt ��
    Sekarang sudah bersih kulit wajahnya kak? Setelah ngga pakek erha apa ada perubahan spt jerawat kembali? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah sekarang lagi nggak jerawatan kok.hehehe
      pernah bulan maret kemarin abis pulang dari pantai jerawatan lagi. tapi udah sembuh kok. mungkin nanti akan aku update di post terpisah ya skin care apa yang lagi aku gunakan sekarang.

      Delete
  30. Mba Hani, cream AFTSS itu harus selalu buat Siang hari apa ngga ya? Soalnya ko aku terbalik ya, AFTSS disuruh pake buat malem, dan AMG3 buat pagi??? Mau taanya dokter tapi jadwal konsul masih minggu depan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa tanya sama orang erha nya langsung atau konsul ke dokter mba. aku cuma cerita pengalaman aku aja di erha nggak kerja di erha jadi gak tau semua tentang cream2nya ^^

      Delete
  31. kak Hani, post-an itu dari awal sampe yang 10 juni 2015 konsul ke erha nya cuma yang awal doang apa ada konsul lagi kak?
    dan setiap konsul selalu bayar 200k ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsul tiap bulan kok..
      iya tiap kontrol bayar konsul dokternya 200k.

      Delete
  32. Ka, kaka pernah gak selama perawatan di erha gapake krim selama sebulan gt misalnya kalo krimnya abis? Kalo pernah jerawat kaka muncul2 lagi gak ka?

    ReplyDelete
  33. Hy sist aku juga perawatan di erha aku pgn nya nih kalau sist pake amg2 suka ada beruntus ga soalny saya pake amg2 ada beruntus walau dikit

    ReplyDelete
  34. Hy sist aku juga perawatan di erha aku pgn nya nih kalau sist pake amg2 suka ada beruntus ga soalny saya pake amg2 ada beruntus walau dikit

    ReplyDelete
  35. Kak, share dong setelah jerawatnya hilang dan mulai perawatan untuk menghilangkan bekasnya. Soalnya aku bingung banget, gimana caranya menghilangkan bekas jerawat tapi takut coba suatu produk trus malah balik jerawatan lagi. Makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke nanti akan aku buatkan post terpisah tentang skincare yang aku gunakan saat ini yah ^^

      Delete
  36. Hi kak hani!
    Aku punya masalah sama jerawat hormonal yang menyerbu kalo aku telat dateng bulan, jujur siklus menstruasi aku berantakan total, mungkin itu kali ya penyebab jeriwi teti di wajah aku (*curcol), nah yang paling bikin kezel itu bekas jerawatnya, kalo pemula kayak aku kira kira harganya berapa ya kak buat ke erha clinic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaya nya bajal beda2 deh tergantung kondisi tiap kulit masing2. jadi kalo ditanya berapa aku gak bisa jawab ^^

      Delete
  37. Halo mb hani salam kenal dr intan.Pas bgt ini reviewnya lengkap.kebetulan mau nyoba erha.sy sendiri bermasalah dengan jerawat sdh dr sma.tp modelnya timbul tenggelam.jd g pernah bnr2 mulus seterusnya,padahal sudah melanglang buana ke semua klinik kecantikan.tp penasaran mb hani berhenti di erha knp y?apa akhirnya ada produk yg g cocok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai intan..
      salam kenal juga..
      berenti erha karna udah nggak jerawatan lagi dan sekarang pake produk drugstore ^^

      Delete
  38. Mau nanya ka , klau resep yg di kasih dokter saat prtma kali konsul sma ga obat nya untuk bulan selanjutnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa nya beda, tergantung kondisi kulit nya ^^

      Delete
  39. Kak aku juga d erha , tp amg 2 d resepku kok unk pagi hari ya,,,,klo resep kakak mlm , apa dokter ku yg salah ya

    ReplyDelete
  40. Kak aku juga d erha , tp amg 2 d resepku kok unk pagi hari ya,,,,klo resep kakak mlm , apa dokter ku yg salah ya

    ReplyDelete
  41. Kak aku juga d erha , tp amg 2 d resepku kok unk pagi hari ya,,,,klo resep kakak mlm , apa dokter ku yg salah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa dipake pagi dan malam juga, tergantung kondisi kulit nya ^^

      Delete
  42. dear hani, kamu apoteker ya? boleh tanya kah ..
    mukaku juga jerawatan parah, lebih parah ketimbang jerawatmu setaon yg lalu itu..
    aq pengen perawatan di erha juga, tp masalahnya aq masih menyusui ..
    kira2 sepengetahuanmu sebagai seorang apoteker, cream2 jerawat yg pernah kamu dapet dari erha aman gg ya buat ibu menyusui kayak aku..
    thanks a lot dear..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku apoteker.
      Saran aku kalo konsul dulu aja sama dokternya. Setau aku tiap klinik pasti punya cream yang bisa digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

      Delete
  43. Cream af4 nya ko pait ya klo kena bibir...

    ReplyDelete
  44. Cream af4 nya ko pait ya klo kena bibir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang pahit, kalo wudhu kerasa banget ^^

      Delete
  45. seru banget baca petualangannya dari 1 - 3. Saya juga mau cerita sedikit pengalaman perawatan di erha clinic.Satu tahun lebih saya perawatan disana memang muka bersih bebas jerawat hanya saja jadi sedikit mengkilat (mesti rajin2 pakai paper oil hehehe). harganya memang bersahabat tapi nggak tahannya tiap bulan kudu konsul dan nggak bisa beli produk yang sama lebih dari 2x yah. Jerawat memang nihil, kulit wajah jadi sehat tapi untuk efek whitening and brightening kurang saya dapatkan, maklum saya berkulit gelap. Setelah menikah saya disarankan sm dokternya stop perawatan hanya dikasih krim tertentu saja. sampai akhirnya saya pindah disuatu kota yg tidak ditemukan erha klinik dan putus pemakaian sampai kurang lebih 6 bln. kulit saya masih sehat/bersih sampai begitu barbeque seafood wajah saya langsung blasss jerawat gede2 nongol(curiga alergi). salah saya yg gak mau perawatan krn lagi program hamil, ujung2nya ni muka malah scars huuhuhuh kurang lebih satu tahun, sampai saya gak tahan dan mulai perawatan lagi, dgn klinik baru yang memang mencerahkan tapi komedogenic,jerawat jg nongol atu2 gak keroyokan lagi tp muka masih kasir hiks. sekarang saya coba perawatan pakai STE scret Key dan Firs serum 24k, masih purging niiiih, nekat krn reviewnya baguuus..doain yah. btw congrats wajahnya udah kembali mulus lagi ^_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEMANGAT yah ngobatin jerawatnya, semoga kulitnya bisa mulus seperti sedia kala. Makasih udah sharing disini ^^

      Delete
  46. ka kapan nih share produk drugstore yang dipake sekarang.. aku skrg pake erha cuma gaakan terus2an paling sampai jerawatnya pada 100% ilang aja..nah abis itu aku bingung mau pake produk apalg ya yg drugstore gt supaya gak dari dokter terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti aku update lagi ya skincare routine aku saat ini :)

      Delete
    2. Aku pake erha kok malh tambah bnyk nyah jerwtnya?

      Delete
  47. ka mau tanya dong hihi
    pori2nya juga mengecil kah? lalu wajah dan leher apa ada perbedaan ?
    d tunggu jawabannya makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pori-pori masih sama seperti dulu ^^..
      wajah pasti jauh lebih cerah di bandingkan dengan leher.

      Delete
  48. kak, masih pakek erha skincare kaah? update lagi dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah nggak, sekarang aku pake skincare drugstore..

      Delete
  49. mba mau tanya. Aku kan pake erha juga baru coba nih. Tapi baru 2 hari pake kulitku jadi memerah gitu. Apakah itu wajar ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di konsulin lagi aja ke dokter nya mba. dokter lebih tau :)

      Delete
  50. Salam kenal..
    Sy Ibu Dwi dari Pekanbaru..
    Waktu remaja sy pernah mengalami masalah jerawat. Sekarang sy sdh 39 thn, jerawatnya sudah jarang muncul tapi bekasnya itu (scar) hampir merata di seluruh wajah sy. Dulu pernah peeling tp hasilnya nihil. Scar tetap ada. Pengen nyoba erha, tp kebanyakan hy utk mengatasi masalah jerawat. Kalau bekasnya (scar) bisa nggak ya..di erha ?
    Sy tunggu balasannya..tks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa mba..untuk detailnya bisa konsultasi langsung sama dokter ^^

      Delete
  51. SHARE SKINCARE DRUGSTORE YG DIPAKE DONK MBA, AK LAGI JERAWATAN SAMA SEPERTI FOTO MBA SEBELUM PAKE ERHA,,AK MASIH TAKUT PAKE SKINCARE, PENGEN PAKE DRUGSTORE CUMA BINGUNG YG BAGUS APA??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti aku akan aku update di blog terpisah yah ^^

      Delete
  52. itu cuman pakai cream aja atau melakukan treatment juga seperti peeling atau laser di erha?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma pake cream nya doang ok. paling di ektrak aja sih jerawatnya, gak sampe laser atau peeling.

      Delete
  53. Ka mau nanya kakak setelah konsul diberi tindakan apa saja ya? Terimakasih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nggak sampe tindakan aneh2, cuma di ekstrak aja jerawat nya.

      Delete
  54. kak, aku mau berhenti dari erha nih. Harus gimana dulu ya, takutnya nanti breakout :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa konsul sama dokternya mba ^^, aku disini cuma share pengalaman aku aja.

      Delete
  55. Duh aku baru rencana mau ke erha nih, semoga cocok di aku deh, soalnya aku udh ke lbc eh ga cocok, terus pindah ke dr rudi udh setahun tapi pas ga pake krimnya muka jdi beruntusan. Mba skrg msh ttp pake erha kah???

    ReplyDelete
  56. Apakah harus rutin datang ke erha atau hanya sekali saja kak? Terimakasihh

    ReplyDelete
  57. kak mau tanya. setelah lepas dari Erha apa yang dialamu? breakout ga? atau lainnya... mohon balasannya. saya menunggu review nya setelah berhenti dari erha. terimakasih

    ReplyDelete
  58. Halo mba mau tanya, rencana mau ke erha juga, itu konsul dan beli obatnya kalo obatnya habis ya? biasanya abisnya perbulan atau 2 minggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo mau beli obat lagi harus konsul dulu sama dokter mba. Biasanya sih dulu sebualanan mba abisnya.

      Delete
  59. sist gimana wajah nyah skarang ? saya baru nemu ini post hehe
    saya mau tanya aja kira kira untuk wajah berjerawat batu dan bekas jerawat aja kira kira biaya perawatan nyah lebih mahal apa enggak yah ? solanya teman aku bilang lebih mahal sist barang kali aja sist tau yah hehe makasih sbelum nyah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang aku udah nggak jerawatan..
      aku kurang tau kalo soal harga, bisa langsung konsul aja ke erha clinic nya.

      Delete
  60. hai kak.. udah pernah nyoba absen sekali gk pake cream nya kak?
    kemarin aku absen 1malam gk pake, kulit terasa kering kaku banget..bibir juga jdi kering banget..

    http://mpokergm.com/v/447496717

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah. aku nggak pernah malas pakai skincare ^^

      Delete
  61. di share dong skincare drugstorenya :)

    ReplyDelete
  62. Sumpah aku pake erha ga cocok banget buat jenis kulit kering ! Malah muka ku makin parah , jadi hitam dan mata ku rusak ! Kemerahan !
    Ga jelas ya erha 😂Dan sampe sekarang ga bisa di obatin mata ku , merah gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan perawatn dokter memang cocok2kan dear :). Kalo di aku cocok sih :)

      Delete
  63. Aku pake erha ga cocok bgt buat jenis kulit kering ! Di kasih sama dokternya , malah makin item parah muka ku dan yang paling parahnya lagi mataku jadi merah efek obatnya , ga bisa disembuhkan sedih banget mataku merah ��������������

    ReplyDelete
    Replies
    1. perawatan dokter kan kadang emang cocok2kan :)

      Delete
  64. Gw umur 30 sis. Dulu sih sering berjerawat satu satu tp gede. Menurut pengalaman gw , yg paling sangat amat terlebih super duper harus dihindari adalah susu dan produk yg mengandung susu.. skrg da jarang berjerawat. Berjerawat cuma kalo pake dempul eh pas pulang gak cepet2 cuci muka..

    ReplyDelete
  65. Masih pake erha mbak ? Udah membaik kah ? Btw aku pake lbc sih . Lumayan membaik jerawatku . Tp g putih" wkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
  66. kak klo mau perawatan di usia 15 th boleh gk yaa?

    ReplyDelete
  67. Hai kak, aku juga mau share deh. baru sebulan pemakaian erha dengan konsul dokter dulu tapi bukan dokter SPKK, karena aku erha cabang di mall. awalnya wajah ku beruntusan parah seluruh muka, kata dokternya aku alergi kosmestik. dikasihlah obat minum doxy+ dan satu lagi aku lupa namanya. dan dikasih krim2 pagi dua dan malem satu dengan obat kocok totol. pemakaian seminggu muka ku ngelupas kering tapi beruntusan tetap ada dan makin hari muncul satu per satu jerawat besar2 dan bernanah. aku balik lagi komplain ke dokternya, katanya ini aku infeksi dan meradang. dikasih obat minum lagi metcore namanya, terus di suruh beli krim tambahan yg pakainya di mix dengan krim malam. sudah habis 2 jt aku selama seminggu ini. dan pemakaian berlangsung disertai BLT (blue lght therapy) selama sebulan dan tidak ada perubahan pada beruntusan ku yang ada hanya makin parah jerawatan paraaaah banget!!! awalnya aku mau stop pemakaian, tapi kata ibu ku komplain aja ke erha pusat dengan dokter SPKK langsung, dan yg kami dapat disana data atau history dari cabang memang tidak ada, jadi kami harus dari ulang lagi konsultasinya. dengan disertai pembelian krim2 obat baru yang sudah habis 1 jt. total sudah habis 3jt dalam sebulan DI ERHA YANG TIDAK ADA HASILNYA!! aku bingung harus balik lagi ke dokternya atau stop langsung pemakaian ya kak? awalnya balik kedua kesana karena mau minta pertanggung jawaban dari ERHA, eh yg ada aku di porotin suruh beli lagi krim2 disana. alhasil krim pertama yg aku beli di erha cabang tidak terpakai. sampai saat ini aku sedih lihat wajah ku. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakek erha 3 minggu ini sama si, muka ku jadi bruntusan parah dan jerawatan. Terus juga jadi kasar dan kaya ketarik gitu + ngerasa perih tiap pakai krim pagi. Tapi aku tetep aja rajin pakek erha, karena yakin aja gitu kalo semua butuh proses, mungkin ini efek nya kali yaa untuk awal pemakaian

      Delete

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.