EDISI CURHAT : JERAWAT OH JERAWAT

12:46 AM

Hallo guys..
Postingan kali ini adalah edisi curhat tentang masalah yang sudah aku hadapi selama 9 bulan ini. Bukan masalah cinta ataupun problematika kehidupan, tapi masalah jerawat :(. Yup.. sudah hampir sembilan bulan aku bergelut dengan masalah jerawat. Kalo diibaratkan ibu hamil kayanya udah waktunya buat lahiran.hehehe 
Oh iya.. aku sarankan buat kalian yang nggak kuat lihat foto-foto yang menjijikan jangan teruskan untuk membaca artikel ini.
Permasalahan bermula ketika bulan Agustus 2014 lalu aku mengalami beruntusan di kening, tapi hanya dikening saja. Beruntusan itu pada mulanya timbul ketika aku menjadi salah satu model demo makeup menggunakan airbrush makeup di Bandung. Mungkin karena waktu itu aku kurang bersih membersihkan sisa makeup di wajah, mulai timbulah beruntusan di kening. Selain itu semenjak aku menjadi beauty blogger banyak sekali mendapatkan endorse untuk menggunakan berbagai macam makeup dan aku gunakan semuanya tanpa menseleksinya terlebih dahulu. Alhasil semakin memperparah keadaan beruntusan di keningku. Sampe akhirnya aku memutuskan untuk pergi ke dokter kulit karena sangat kurang nyaman dengan beruntusan ini walaupun hanya dikening saja. Berbagai macam perawatan aku coba di klinik pertama yang aku datangi dari mulai facial sampe microdermabrasi dan menghabiskan uang yang cukup lumayan. Kurang lebih selama hampir 3 bulan lebih keadaan aku tak kunjung membaik. Beruntusan yang pada awalnya hanya di kening saja menjadi lebih parah karena satu muka aku penuh dengan beruntusan. 
Bisa dibayangkan betapa sedihnya :(. Dulu sekitar 4 tahun yang lalu aku pernah jerawatan juga tapi tak pernah sampai separah ini. Jerawat yang dulu bisa sembuh dengan menggunakan daun binahong, yang belum baca post nya bisa klik disini. Aku pun stop berobat ke klinik pertama yang aku kunjungi karena aku pikir tidak cocok dengan perawatan disana dan mencoba kembali menggunakan daun binahong. Tetapi hasil yang baik belum aku dapatkan sampai akhir desember 2014. Aku pun pernah mencoba menggunakan cream dari dokter kulit yang notabennya adalah temanku sendiri tapi tak kunjung memberikan hasil positif. Sampai pada awal Januari 2015 jerawat diwajahku semakin meradang. Atas rekomendasi dari teman, aku mulai kembali berobat ke klinik kedua. Dengan harapan semoga di klinik kedua yang aku kunjungi jerawat di wajahku bisa membaik. Seperti biasa dokter di klinik kedua memberikan aku berbagai macam cream untuk membasi beruntusan yang memuakan ini dan dokter menyuruhku untuk kontrol setelah 2 minggu. Untuk melihat apakah ada perubahan atau tidak.
Dua minggu berlalu aku kembali kontrol ke klinik kedua dan memang benar belum ada perubahan sedikit pun. Sampe akhirnya dokter disana menyuruhku untuk melakukan cauter. Cauter itu semacam tindakan untuk membuat jalan/lubang di area yang ada beruntusannya dengan menggunakan panas. Kasarnya sih seperti disolder tapi wajahku di bius lokal terlebih dahulu. Setelah beruntusan dilubangin kemudian isinya dipencet dan dikeluarkan. Banyak sekali komedo putih yang keluar dari bruntusan yang dipencet. Untung pake bius, kalo nggak..tak terbayang sakitnya gimana. Secara muka aku di pencet-pencet untuk mengeluarkan isi dari beruntusannya dan yang mencet-mencetinnya 3 orang, satu dokter dan dua asistennya.
Foto diatas adalah sehari setelah wajahku di cauter. Keliatan banget kan lubang-lubang bekas dibolonginnya. Kalo ditanya sakit apa enggak jawabannya nggak sakit, tapi sedihnya minta ampun. Gak pernah ngebayangin sebelumnya bisa seperti ini. Setelah di cauter aku berharap tinggal menyembuhkan luka bekas cauternya saja dan sama sekali nggak berharap beruntusannya bisa timbul lagi. Karena aku berpikiran kalo semua beruntusannya sudah dikeluarkan dan dokterpun menjamin sekitar 80% beruntusan akan hilang.
Tetapi harapan hanya tinggal harapan saja :(. Seminggu setelah melakukan cauter beruntusan kembali timbul di wajahku walaupun nggak sebanyak dulu tapi tetep menuhin wajah :(. Udah putus asa rasanya dan hanya bisa menyesalkan diri kenapa nggak bisa merawat kulit wajah dengan baik. Aku pun kembali kontrol ke dokter di klinik kedua. Akhirnya dokter hanya memberikan aku cream dan obat yang diminum lalu menyuruh aku melakukan facial acne setiap 2 minggu sekali.
Sampai pada tanggal 1 Maret 2014 aku pindah ke Jakarta karena harus melanjutkan kuliah apoteker disana. Setelah pindah aku jarang menggunakan cream yang diberikan oleh dokter dari klinik kedua. Facial pun sudah tidak pernah karena kondisinya aku nggak bisa tiap minggu pulang ke Bandung disebabkan padatnya jadwal kuliah. 
Tapi setelah pindah ke Jakarta justru keadaan kulit wajahku ada perubahan positif walaupun beruntusannya belum hilang total. Di area kening paling terlihat perubahan karena beruntusannya tinggal satu dua biji saja. Tapi di area pipi belum ada perubahan signifikan. Sekarang aku mulai kembali mencari klinik spesialis kulit untuk bisa menyembuhkan permasalahan ini. Walaupun beruntusannya tidak separah dulu, tapi benar-benar sangat menggangu rasa percaya diri. Adakah dari kalian yang pernah mengalami hal seperti ini? share yuk!!
Sekian edisi curhat kali ini..
Semoga ketika aku menulis di post selanjutnya keadaan kulit wajahku semakin membaik. Thank you buat yang sudah mau sharing. See you on my next post ^^..
UPDATE  22 MEI 2015

You Might Also Like

51 comments

  1. Pas liat postingan kamu di blog aku langsung open link nya.. karena aku juga jerwatan parah.. sehabis married kulit aku bruntusan kayaknya nggak kuat sama make-up nyaa *eh ikut curcol*

    Dan beberapa bulan terakhir aku menggunakan Secret Key Snail + EGF 1 set, dan untuk sleeping pack aku pake baphivat whitening lemon serta malisa kiss white me up

    Hasilnya lumayan loh, pas pertama" make emang bruntusannya pada keluar,jeng jengg apalagi pas haid muncul jerawat tapi setelah 1 bulan udahh keluar jerawat"nya. Paling jerawat haid aja lagi.
    nggak bisa aku bilang 100% udaahh bagus sii kulit aku, so far udaaa membaik dari sebelumnya..

    Nah setelah bruntusan ilang, kan tinggalkan bekasnya, ada byk flek membandel :(
    untuk flek dan cerahin aku pake kiss mask whiteninh collagen, baru 3/4kali sihh but hasilnya bagus flek memudar..

    Dan malam ini aku akan memulai meenggunakan forever young mask,
    hihi doa'in yaah~

    Sebenarnya mau share di blog juga,tapi nggak sempat..
    kapan" kunjungi yah
    Sorry, curcol panjang
    Hihihi

    Reistilldoll.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak udah mau share pengalaman kamu disini..
      next aku main ke blog kamu. banyak yang rekomen secret key bagus buat jerawat sih tapi aku belum pernah nyoba.
      semoga wajah kamu juga lekas membaik ^^

      Delete
  2. OMG kak!
    Serem banget itu yang dipanasin, gitu banget sih dokternya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang prosesnya seperti itu, niatnya buat ngeluarin semua komedo nya sih. tapi apa daya komedo di wajah aku membandel sekali dan tetep muncul walaupun sudah di cauter.

      Delete
  3. OMG semoga cepet sembuh ya. Ikutan sedih liatnya :'(

    Aku juga ada bruntusan sama jerawat sekarang (dari 4 taun yg lalu terus tambah parah taun kemaren. sekarang udah mendingan lagi). Aku agak gonta ganti skincare sih jadi sebenernya kurang keliatan mana yg efektif.

    Tapi aku yakin yg paling bantu itu The History of Whoo : Ul Turn Over Ampoule, Benton Snail Bee High Content Essence, sama sejak mulai pake toner non alcohol (aku pake Secret Key STE Gold). Kalo ga alergi sama bee venom, boleh coba pake Benton nya :D

    Dulu sempet coba yg snail cream nya Mizon, enak sih dy adem dan cepet nyerep tapi kayaknya ga gitu ngefek. Dia lebih ke ngejaga biar ga numbuh jerawat baru plus ngurangin redness.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you untuk sharing nya sherly ^^

      Delete
  4. aku juga pernah ngalamin spt ini Hani. cuma ga separah kamu. sebelum aku pake ste nya secret key jerawat n brutusan juga di dahi, paling parah di pipi. After married brutusan parah, itu krn aku ga bersihin muka secara maksimal, harusnya setelah cuci muka langsung di masker.. coba pakai ste nya secret key, mungkin itu bisa membantu. Untuk kompres bagus. smoga kulitmu cepet membaik
    ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih untuk support nya kak. aku sendiri belum pernah nyoba fte ataupun secret key.yup.. sangat berharap kulit wajah aku bisa sembuh seperti semula ^^

      Delete
  5. Cepet sembuh ya Hani .. Kalau aq baca dari ceritamu mungkin mmg karena sisa makeup airbrush itu, make dengan metode airbrush mungkin lebih masuk ke pori pori ya .. Jadi karena kulit Hani tidak tahan atau mungkin cenderung sensitif, akhirnya jadi jerawat .. :(

    Semoga cepet sembuh Hani, kalau udara di tempat tinggal Hani yang di Jakarta lebih cocok syukur deh .. Karena udara dan kelembaban jg pengaruh ke kulit .. ^^

    Cepet sembuh yahh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sepertinya begitu, makeup airbrush kan langsung masuk ke pori-pori. Seperti nya faktor air juga berpengaruh. air disini lebih bagus dibanding di rumahku.hehehehe
      thank you untuk support nya ^^

      Delete
  6. aduh aku ngeri. Sampe merinding liat gambarnya. Asli! T___T
    Dulu aku juga berjerawat. Tapi nggak separah ini. Dan ke dokter kulit malah memperparah. Sekarang aku hanya rajin cuci muka aja sama pake sabun muka dari Eva Mulia. Sisanya nggak perawatan sama sekali. Cuma kadang suka laser dan facial sih. Tapi itu bisa diitung pake jari dalam setahun. Semoga cepet pulih wajahnya ya :)
    BEAUTY BLOG | WWW.NONAHITAMPAHIT.COM

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga pengalaman aku bisa jadi pelajaran berharga ^^
      thank you untuk support nya ^^

      Delete
  7. Yampunnn sebelumnya sampe separah ini han???yampun, tapi bersyukur deh udah sembuhan ya pas kita ktmu kemarin ada kemajuan cynn...semangaatt!!

    Xoxo
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebelumnya sampe gini via, pas ketemu kamu kemarin itu udah jauh mendingan banget. ^^

      Delete
  8. Mbaa coba pake Vitacid atau Retin-A

    ReplyDelete
    Replies
    1. obat-obat gitu udah gak akan ngaruh buat wajah ku ^^

      Delete
  9. jerawat oh jerawat alhamdulilah saya ngak prnh jerawatan lagi sejak menemukan produk natural yang pas. dari smp udah jerawatan baru di usia 30 beres deh tuh jerawat hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah nggak pernah ngalamin jerawat sampe begini ^^ dan jangan sampe ngalamin deh ^^

      Delete
  10. Hai hani salam kenal, wah kebetulan aku baru aja sembuh dari bruntusan didahi, baca pengalamanku di sini http://afterdarkngeblog.blogspot.com/2015/05/memahami-tipe-kulit-sendiri-pola-makan.html
    semoga cepat sembuh..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you untuk sharing nya dian ^^

      Delete
  11. haniii perasaan ga separah foto foto diatas trakhir ketemuu huhu...kamu brave banget! Aku kalo jd kamu udh gamau keluar rumah ga mood ngapa ngapain T.T
    Btw jd beauty blogger emg mesti pilah pilih skincare apalagi sering bgt aku dikirmin produk perawatan kulit, saking sensitifnya kulitku aku jg bs langsung breakouts huhu makanya skg aku selektif bgt, aku lbh brani nolak tawaran produk skincare yg kira2 ga akan aku pakai juga... ngerawat kulit kan bukan buat coba coba... pokoknya kalopun mau trial suatu produk jgn di seluruh muka, cukup di dagu aja... make up juga pengaruh bgt di aku han, aku skg udh tau brand apa yg bikin aku jrawatan... dan beneran ada harga ada kualitas, yg cocok di aku malah yg high brand make up T.T jdnya skg aku lbh hati2 pokoknya sayang muka kalo smua produk yg dikirim aku approve trus muka jd iritasi siapa yg nanggung jg? mulai skg bener2 seleksiiiii ya sayang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sha dulu aku lebih fokus ke makeup dekoratif dan nggak terlalu mentingin skincare buat wajah. sekarang jadi pelajaran banget sha, nggak lagi-lagi ampe ngalamin kaya gini. pengen banget cepet sembuh deh.

      Delete
  12. Sekarang make produk skincare apa mbak udah mendingan kulit mukanya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah sekarang udah jauh lebih mendingan. aku sekarang sedang menjalani perawatan di erha klinik.

      Delete
  13. haloo kaa, salam kenalll
    aku sedih ya liat jerawatnya sampe kaya gitu, aku yg suka jerawat 1-3 aja udah kebelinger ngatasinnya, ga PD dan mood bakal ancur banget kalau lagi jerawatan. syukur skrg muka kaka udah bersih lagi yaah.. btw ini sembuhnya karna pake daun binahong? atau pake skincare lain ka? please replay and thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun binahong aku pake beberapa tahun yang lalu. sudah pernah aku post. setelah sembuh aku nggak pernah jerawatan lagi. baru akhir-akhir ini mulai berjerawat. Sekarang aku sedang pengobatan di erha klinik, karena aku sudah pindah ke jakarta dan nggak menemukan daun binahong disini.

      Delete
  14. halo~
    jerawat emang masalah paling nguras emosi dan waktu :'(
    aku juga pernah bruntusan, jerawat ga terlalu parah tapi komedo parah banget samapi-sampai ada di daerah yang biasanya ga ada komedonya. sampai bingung hrus pake apalagi. tapi alhamdulillah semua teratasi pas pake tretinoin 0.01. penyelamat banget, ya walaupun ada pejuangan pas purgingnya juga. dan untungnya dokterku ga ngeharusin pakai krim-krimnya dia. asal cocok dan tetep di bawah pengawasannya.
    semoga masalah jerawatnya cepet beres ya.. dan cepat sehat lagi wajahnya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you sharing nya ica. amin semoga cepet sembuh, udah pengen banget wajah mulus lagi kaya dulu.

      Delete
  15. Hallo kak mau nanya nih..wajah saya juga jerawatan kak belum juga sembuh butuh sarannya kal hani clinic erna bagus yah kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini aku masih di erha dan jerawat aku sembuh.

      Delete
  16. Haii, aku pernah jerawatan jg n brutusan parah,coba kamu berobat ke dokter kun.jayanata, dokternya ahli bgt masalah jerawat sampai separah apapun, sy jg pernh coba ke erha,awalnya mmng bagus tapi setelah 4bln brutusan di jidat kembali dan semakin parah, jd pas kejkrta tmn ku rekomendasi ke dr kun jayana itu n alhamdulillah tdk ketergantungan n udh ngk jerawatan lg dan skrg aku bisa pke skincare SKII n rangkaian produk Bioderma sebium

    ReplyDelete
  17. Gue jerawat sensitif parah di mulai, klz 1 sma thn 2012_di situ q mulai MALU bergaul dengan teman sekolah sampai SAMPAI q jarang ngomong,hanya diam di klz, jerawat bangsat ini SUNGGUH menikam hidupku, q TAK punya semangat hidup, padahal q uda berusaha mengobati, dengan cara alami,contoh jeruk nipis,kentang di parut,tomat,daun,siri, madu, tapi ENGGAK efek, akhirnya guen beli obat di online, namanya melya biang, eh jerawat gue tambah HANCUR,dan bengkak, padahal harga ny , 1.jtaan, q merasa, nyesel, mau menangis,
    Setelah itu,q COBA pake obat beli di apotik, yg harganya ratusan, seperti saleb,siang malam dan obat dalam, ENGGAK ngarunjuga, gue pasar ENGGAK pake ap apa lagi, .
    Setelah 3 BERLALU, q uda lulus thn 2015 q uda berpisah ma teman kan uda lulusan, setelah teman gue berkunjung ke ruma, dia bilang her kok jerawat lu, tambah parah 3 thn lebih enggak sembuh,

    Dia bilang mending luh kedokter kulit ajj, akhirnya q mau, dan
    Setelah konsultasi, dokter beri gue obat, oles siang malam,dan obat dalam, eh ternyata 1 bulan jerawat gue mulai mati tuh, hanya butuh UANG 300 rb sekali konsultasi, dan sampai sekarang gue uda 3 kali konsultasi alhamdulillah jerawat gue yg super hancur babak belur tu uda enggak nongol lagi, hanya bekas merah saja,

    Jadi langkah, yg baik adalah dokter,soalnya tepat obatnya sesuai jenis kulit,

    Tapi gue shi masih GALAU soalnya masih ada BEKAS merah, karena baru 2 bulan lebih pengobatan, bilang dokter pengobatan yg baik.adalah yg pelan tapi baik, katanya kalo yg cepat mengandung merkurir yg bikin kulit rusak,


    Jerawat oh jerat lu kaya njing bangsat, q terkurung gara garaa ello samapi gue jadi anak emo panjang rambut buat nutupin eluh , galau merana jerawatan assu hahahahaha gila gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you sudah sharing..
      Semoga cepet sembuh yah jerawatnya ^^

      Delete
  18. Ka, aku sekarang lagi pake krim dokter tapi udah beberapa bulan ini gak ilang2 jerawatnya di pipi banyak di dahi dikit. Aku rencananya juga pengen pindah perawatan ke erha. Itu gimana? Apa gak apa2 langsung pindah dokter+krim gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf dear.. aku nggak bisa bantu jawab karna disini aku hanya menceritakan pengalaman yang aku alamin aja. ^^

      Delete
  19. Mba, coba pakai Beauty Sky yang alamat nya di jogja, nama owner nya yessica nandya,
    Lekas sembuh ya,

    ReplyDelete
  20. mbak itu penyebab nya kenapa, sampe ngeri lihat jerawatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dijelaskan di atas yah, bisa dibaca baik2 ^^

      Delete
  21. omg mba itu serem banget ngeliatnya, dulu aku juga jerawatnya lama sembuhnya cuma ga sepaarah itu *lanjut mbaca-mbaca*

    ReplyDelete
  22. hai Hani, i wanna ask you something about this treatment. mukaku ada beberapa jerawat 1-2 aja di pipi kanan dan kiri tp bekas jerawat2 dulu itu masih tersisa. aku liat reviewnya erha bagus, seberapa lama efeknya untuk jerawat yaa? terus bagaimana keadaan mukamu sekarang? thank you before hani

    ReplyDelete
    Replies
    1. muka aku udah nggak jerawatan sekarang..
      efek nya bisa di lihat di post aku yang selanjutnya, sudah aku detailkan..

      Delete
  23. wah nice informasinya bermanfaat banget, jerawatku dulu parah banget sampe ak ketemu produk yang top saran dari temen akhirnya jerawat aku ilang. Nih foto jerawatnya :3

    ReplyDelete
  24. Kak mau tanya kalo harga buat cauter itu kisaran berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu semuka sekitar 1jt an kalo gak salah. tapi tiap klinik kemungkinan harga nya beda-beda.

      Delete
  25. Hai Hani, jerawat kamu udah sembuh total banget??? Kamu bisa bagi tips gak?? Berobat kemana?? Muka aku lg jerawatan parah banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah jerawat aku udah sembuh total. Untuk kelanjutan cerita jerawat sampai aku sembuh udah ada di artikel lain, bisa dibaca disana.

      Delete
  26. huhu blog kaka terkenal bgt smpe dpet bnyak endorse make up gitu ka... ;o

    eanlullaby.blogspot.com

    ReplyDelete

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.