Beauty Tips : Urutan Memakai Make Up Lengkap Untuk Beginner

5:18 AM

Hai.. hai.. hai.. ini adalah posting pertama aku di blog ini. Sebenarnya ini bukan blog pertamaku, hanya saja blog yang dulu lebih berisi tentang hal-hal personal ketimbang berbagi sesuatu yang bisa dijadikan ilmu atau berbagi pengalaman baru buat yang baca blog ini. Selain itu, karena sekarang ku lagi suka sama make up plus tata cara menggunakan make up yang baik dan bener, aku jadi sering baca review-reviewnya para IBB(Indonesia Beauty Blogger) dan jadi tertarik buat bikin blog yang isinya all about make up. Buat posting yang pertama aku pengen mengulas tentang urutan  pake make up lengkap. Gimana sih urutan ber make up ria? Concealer, Foundation, Pelembab mana duluan yang dipake?

Buat para beginner kaya aku pertanyaan gini sering kali muncul. Ditambah lagi banyak istilah make up yang beda-beda tapi sebenernya fungsinya itu sama, kaya lip rouge, lipstick, atau lipcolors, istilah nya beda-beda padahal maksudnya sama untuk pewarna bibir. Urutan ini aku dapet dari pengalaman ikutan beauty class, baca beberapa buku kecantikan, dan baca blognya para beauty blogger.
Yuk kita mulai urutannya :

1. Membersihkan wajah
Ngebersihin wajah sebelum dan sesudah memakai make up wajib hukumnya, cara membersihkan wajah yang bener pertama pake milk cleanser sambil di pijat dalam penggunaannya lalu dilanjutkan dengan  menggunakan facial wash, nah pasti ada beberapa yang bertanya kenapa udah pake milk cleanser harus tetep pake facial wash? Jawabannya adalah biar proses pembersihannya lebih maksimal apalagi kalo malem harinya kita sudah pake cream malam bekas cream malamnya akan lebih terangkat, setelah pake facial wash baru dilanjutkan dengan menggunakan toner untuk menyegarkan wajah kita. Untuk milk cleanser aku pake Wardah lightening milk cleanser, untuk facial wash aku pake Latulipe Cosmetiques, dan untuk toner aku pake Wardah lightening face toner.

2. Pelembab/Base make up
Pelembab juga hukumnya wajib karena selain pelembab berfungsi melembabkan wajah juga sebagai pembatas antara kulit dan make up yang akan kita gunakan, dalam pemakaiannya juga harus benar, tipis, dan meresap supaya nantinya wajah kita gak kaya jadi tambang minyak.hihi.. untuk pelembab aku pake Mirabella Crystal Make Up Base.

3.  Foundation/BB cream
Sebenernya kalo buat sehari-hari sekedar untuk ke kampus atau jalan-jalan aku pake nya BB cream aja, kalo Foudation dipake saat ada acara-acara resmi atau untuk berfoto, soalnya foundation kebanyakan berat untuk kulit, jadi sayang kulit kita tiap hari gak bisa bernafas. Beda dengan BB cream yang lebih meresap untuk kulit. Untuk Foundation aku pake Latulipe Cosmetiques Soft Foundation yang Suntan dan untuk BB cream aku pake Skin79 HotPink, Skin79 Vital, Skinfood Mushroom, BRTC Blemish Recover Balm, dan Missha M Perfect Cover. Aku pake BB cream ini sesuai dengan moment nya karena hasil dari tiap BB Cream yang aku pake ini beda-beda. Oiya usahakan menggunakan BB cream atau Foundation yang sudah ada tabir suryanya, karena tau sendiri lah panasnya negara kita seperti apa.


4.  Concealer
Sebenernya penggunaan concealer beda-beda, ada yang menggunakan concealer sebelum foundation dan ada juga yang pake concealer sesudah foundation. Hal ini tergantung dari warna concealer yang kita pake dan noda apa yang akan kita tutupin, misalnya kalo kita pake concealer padat yang warnanya orange buat nutupin mata panda di bawah mata sebaiknya dilakukan sebelum penggunaan foundation agar merata tapi kalo bentuknya cair bisa digunakan setelah foudation. Untuk  concealer aku gak pake soalnya alhamdulilah gak punya banyak noda-noda yang harus ditutupin.

5. Loose Powder/Bedak tabur
Penggunaan bedak tabur supaya bisa “Menyetting” foundation atau BB cream yang udah kita pake. Untuk bedak tabur sehari-hari aku pake Immortal Loose Powder Acne. Bedak ini mungkin susah di pasaran karena aku beli bedak ini di dokter waktu pernah ngalamin jerawat parah. Tetapi kalo untuk foto aku pake Revlon Touch&Glow Extra Moisturizing Face Powder Cream Beige 55.
 
      6. Compact Powder
Setelah Loose powder rata kalo memang membutuhkan make up ke acara resmi atau untuk foto gunakan Compact powder. Compact powder fungsinya biar make up yang kita pake bisa lebih awet. Tapi kalo hanya untuk sekedar ke kampus aja biasanya aku cukup pake loose powder aja. Compact powder yang aku pake untuk foto atau acara resmi biasanya Shinzu`i Skin Lightening TWC Natural.

7. Eye Brow pencil
Penggunaan eye brow juga gak wajib hukumnya apalagi kalo cuma buat ke kampus aja rasanya terlalu berlebihan kalo pake eye brow. Ke kampus lebih Pede dengan alis yang apa adanya. Untuk eye brow aku pake produk Lyra itupun digunakan kalo untuk foto aja.
 
      8. Eyeshadow
Penggunaan eye shadow juga bukan sesuatu yang wajib, kalo untuk sehari-hari aku pake eye shadow natural dari Wardah yang seri-G. Ada juga sih beberapa eye shadow lainnya, digunakan kalo lagi pengen bermain warna dimata. Oiya sebelum menggunakan eye shadow sebaiknya terlebih dahulu menggunakan Base Eye Shadow supaya eye shadow yang kita gunakan warnanya bisa lebih keluar dan lebih tahan lama.

9. Eyeliner
Kalo menurut aku penggunaan eyeliner hukumnya wajib banget. Aku menganalogikannya kaya sebuah foto yang pake bingkai dan enggak pake bingkai, ya itulah mata kalo pake eye liner akan terasa lebih mempertegas mata kita. Untuk eyeliner aku pake Inez Fine Line Eye Liner, My Darling, KAI Liquid eye liner, Veryme Double Trouble dari Oriflame, Inez Eye Liner warna Putih, Wardah Eye Liner Pensil, dan Etude Eye Liner Pensil.
10.  Mascara dan EyeLash Curler
Untuk penggunaan mascara dan eyelash curler jangan sampai kebalik yah. Penggunaan yang bener adalah pake eyelash curler dulu baru mascara karena kalo kebalik selain hasilnya gak akan maksimal juga bisa bikin bulu mata kita jadi cepet rontok. Aku pake mascara dari oriflame dan Loreal Paris, tapi kalo untuk acara resmi atau foto, aku lebih suka pake bulu mata palsu.
      11. Blush On
Blush on digunakan sebagai pemanis pipi. Penggunaan blush on juga harus disesuaikan dengan warna kulit kita. Kalo untuk sehari-hari aku jarang menggunakan Blush on. Blush on yang aku punya hanya sariayu dan beberapa Blush on ada di Eye Shadow kit yang aku beli.

12. Lipstick dan Lipgloss
Sebelum pake lipstick sebaiknya pake lipblam terlebih dahulu supaya bibir kita gak kering saat pemakain lipstick. Buat yang suka nuansa shimmer boleh ditambahkan lipgloss sesudah pemakain lipstick. 
13. Finishing Touch
Finishing touch ini digunakan setelah semua rangkaian make up selesai digunakan. Ini adalah sebagai sentuhan terakhir untuk make up yang digunakan di wajah kita. Penggunaan Finishing touch ini memberikan penampilan halus, lembut, transparan, dan membuat make up yang digunakan lebih bercahaya. Untuk Finishing Touch ini aku pake Latulipe Cosmetiques.


Nah sekian deh urutan make up nya, semoga bermanfaat yah ^^

You Might Also Like

72 comments

  1. base makeup juga bisa buat ganti pelembab yah? kalo pake pelembab terus base makeup baru cc cream gpp kan yah gak berat? >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp sih selagi ke kitanya nyaman. Tapi cc cream juga bisa dipakai sebelum bb cream loh. Fleksibel sih sebenarnya... gimana kebutuhan ^^

      Delete
  2. cara pake pelembab yang bener kaya mana sih ka? apalagi pas bagian bawah mata itu gerakannya dari hidung ditarik keatas atau sebaliknya?
    soalnya katanya kalo salah bisa ada timbul kerutan gitu -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengikuti alur bulu halus yang ada di muka kamu dear ^^. Gerakannya kalo bagian bawah mata itu ke samping bawah sejalur dengan bulu di wajah.

      Delete
  3. Wahhh ternyata urutan make up itu banyakk banget yyaa :o
    Slama ini aku cuma pakai compact powder aja.. gak lebih. tapi akhir-akhir ini emang lagi coba pakai pelembab :D
    makasiihh tutorialnya.. next time aku coba dehh :)

    ReplyDelete
  4. ahahaha blognya bagus deh, tolong dong review-kan produk sariayu martha tilaar.
    denger2 dia jadi sponsor buat miss indonesia selama 11 tahun loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. next time yah aku review produk sariayu. thank you udah mampir disini ^^

      Delete
  5. terimakasih banyak sob, sangat membantu...

    http://www.tokoobatku.com/obat-hepatitis-b-herbal/

    ReplyDelete
  6. Haii aku baru nemu blog ini waktu lagi searching eye makeup base. ,ohon input dunk ak baca utk eyeliner ada disebut pakai eyeliner putih. gimana si cara pakai eyeliner putih dan apa efek eyeliner putih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu aku eyeliner putih biasanya digunakan di garis mata bagian bawah atau di ujung mata bagian dalam. Efeknya untuk membuat mata terlihat lebih besar. Semoga membantu..

      Delete
    2. jadi begitu yak efek dari eyeliner.. makasih nih..makin tambah wawasan buat saya.. :)

      Delete
  7. pendapat saya juga, loose powder bisa menghandle foundation sis, jadinya kalo langsung pake bedak tabur biasanya malah agak jeblok gitu, he
    loose powder finishnya lebih smooth gitu :)
    lam kenal ya sis, main juga ke blog saya :)

    ReplyDelete
  8. Hai sist,
    Salan kenal, ^^
    review dikit donk soal Mirabella crystal make up base nya, sebagai base bikin make up lebih awet ga?
    trus bikin muka oily ga? atau sebaliknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. muka aku oily dan cocok pake ini. harganya lumayan murah tapi agak susah nyari nya. kalo cari base makeup yang murah meriah tapi bagus aku sih rekomen si mirabella ini.

      Delete
  9. hi sis,bisa review eyeliner yang oke ngak buat oily skin thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa baca post yang ini ^^
      http://www.nonahikaru.com/2015/08/beauty-tips-eyeliner-untuk-kelopak-mata.html

      Delete
  10. harga setiap produk yg dipakek doong sama buat kulit berminyak produk apa yg lebih bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh mba aku nggak jualan jadi nggak hafal harga setiap produknya. mungkin bisa cek langsung di toko makeup ^^

      Delete
  11. Sory. sist aku numpang tanya nigh. Soalnya baru2 akhir ini aku suka sama make up. Base make up sama pelembab bedanya apa ya sist??? Terus sama aku cenderung kalau setelah dandan kok biasanya keringetan ya...padahal kulit muka aku jenisnya kering...tolong jelasin ya sist. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari fungsinya jelas beda, pelembab biasanya hanya berfungsi untuk melembabkan saja. tapi base makeup biasanya bisa bikin makeup lebih tahan lama. bahkan ada pula base makeup yang bisa menutup pori-pori yang besar. Kalo berkeringat bisa saja dari produk yang kamu gunakan kurang bagus atau cara pengaplikasiannya yang salah. semoga jawabannya membantu ^^

      Delete
  12. Sama mau tanya lagi sist. Lightening day cream daei wardah itu sama dengan pelembab kan? Kalau sunscteen gel spf30 dari wardah sama dengan foundation atau bb cream kan sist? Nagh apa bedanya juga cc cream dan bb cream? Thx sist

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama dengan pelembab. kalo sunscreen gel beda dengan foundation atau bb ceam. Bedanya BB cream dan CC cream sudah aku tulis di artikel berbeda, bisa dibaca saja artikelnya biar lebih detail.

      Delete
  13. Replies
    1. untuk produk lokal viva base eyeshadow juga bagus kok ^^

      Delete
  14. hmmm tipsnya sangat bermanfat kak ^^ thank s

    ReplyDelete
  15. salam kenal,, mba bagaimana tehnik mengaplikasikan blush on pd bentuk wajah tirus&lonjong?dan bagaimana dg wajah bulat&cubby, tips2 dan rekomendasi cosmetic nya sgt membantu,apalagi untuk pemula spt saya,terimakasih..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nanti tehniknya akan saya tulis di post yang berbeda yah ^^. Kalo di jawab disini sepertinya akan panjang. Thank you ^^

      Delete
  16. salam kenal,, mba bagaimana tehnik mengaplikasikan blush on pd bentuk wajah tirus&lonjong?dan bagaimana dg wajah bulat&cubby, tips2 dan rekomendasi cosmetic nya sgt membantu,apalagi untuk pemula spt saya,terimakasih..... :)

    ReplyDelete
  17. mbak hani banyak banget perlengkapannya.. :D sudah pernah coba tanpa make up belom mbak, karna cantik tanpa make up lebih natural :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum.hehehe
      tanpa makeup palingan di rumah aja kalo mau tidur ^^

      Delete
  18. Kalo langsung pake base make up tanpa pake pelembab , gak masalah ya mbak ?

    ReplyDelete
  19. Mba kalo misal habis make up bagusnya pake sabun cuci muka apa yah sma pembersih yg apah, soalnya klo habis make up muka suka kadang nongol jrawat, bgusnya langsung cuci muka apa pke pembersih dulu,mksh mba mhon infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya aku pake makeup remover dulu buat ngehapus makeup aku, baru pake facial wash ^^

      Delete
  20. Makasih infonya, ini biasanya yang selalu bikin bingung pemula dalam memakai make up, nggak tahu urutan pakainya, hehe

    ReplyDelete
  21. Blognya menarik mba. Oh ya mba mau tanya bb cream yg bgus itu merk apa ya soalnya jenis kuliat saya berminyak dan berjerawat. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku rekomendasi Missha M Perfect Cover BB Cream atau Anna Sui untuk kulit oily.

      Delete
    2. Isi blog nya ak suka, membantu para pemula banget.
      Kalau merk The Body Shop yang Tea Tree, primernya bagus gak buat kulit berminyak? Thanks

      Delete
    3. wah kurang tau..soalnya aku belum pernah nyobain juga..

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Halo kak salam kenal..
    Kalo aku masih awam banget nih, kalo urutannya cleanser, facial wash, toner, moisturizing cream, sunblock, abis itu langsung bedak padat bener ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup urutannya udah bener ^^

      Delete
    2. Krna liat komentar mbak Yeni jadinya saya ga jadi tanya ke mbak hani :D hehe.. makasih

      Delete
  24. kak mau tanya.
    kulit saya termasuk oil combination.
    kalo pas lagi keluar hanya pakai toner pelembab bb cream.
    apa ada kak base make up yg bisa membantu menyamarkan pori?
    poriku besar+komedo.kalo pas keringetan kayak g pake apapun😢😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok. kalo buat menyamarkan pori biasanya aku pake benefit porefessional.

      Delete
  25. Hallo kak mau nanya nih. Klo disuruh untuk memilih, pake moisturizer atau primer (sblm pk foundi) yaa kak utk make up yg tahan lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau makeup tahan lama pake nya primer dear ^^

      Delete
  26. Assalamualaikum kak hani
    saya sangat terbantu dengan adanya aturan ber make up dari kak hani ^_^
    o iya kak mau tanya make up apa aja yang kakak gunakan untuk sehari hari mksdnya make up yg nggak berat hehehe terima kasih sebelumnya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam..
      untuk daily makeup aku ada di tutorial mba, bisa dibuka disana ^^

      Delete
  27. Wah terbantu banget sama ada nya tutor dari ka hany, apa lgi yg super duper beginer kya aku 😂 sdikit crita dan mau bertanya,, biasa nya foundation itu exp nya brpa tahun ka?
    Soal nya , ak kan dlu kuliah di perhotelan, dan make up itu wajib bgt, tp emg dasar ak gbsa make up dan gamau , mskipun di tegur berkali2 ttp ga pke make up,, alhasil makeup yg di beliin ibu sejak tahun 2012 ga kpake. Tp msh ak simpen smpe skrg 😂 itu psti ud gbsa di pake ya? Dan lgi tahun 2015 kmaren aku kerja, dan di tawarin foundation sma tmen, itung2 blajar make up, eh trnyta ga kpake jg sma aku, dan baru2 ini aku pake. Eh malah jerawatan muka aku 😂 ya allah itu udh exp kali ya ka ? 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. exp foundi biasanya tertera kok dikemasannya. bisa aja jadi jerawatan karena produk yang kamu pakai sudah expired.

      Delete
  28. Kak, kalo pagi udah make cream pagi, acne lotion dari suatu produk kecantikan,masih boleh pakai BB cream? Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo wajah kamu lagi jerawatan mending ngga usah pake makeup dulu, sembuhin dulu jerawatnya ^^

      Delete
  29. Halo mbak, mau nanya dong. Saya pake bb cream wardah tu, tapi kenapa pas dipake kaya ga nempel dan powdery ya. Apa cara pakai saya salag? Pakenya sih biasa aja. Ada tip make bb cream yang benar ga?
    Makasih
    Yenni

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya aku pake BB cream di tepuk-tepuk menggunakan beauty blender.

      Delete
  30. kak mau nanya dong , day cream sama pelembab sama gakya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya di dalam day cream udah ada moisturizer untuk melembabkan kulit.

      Delete
  31. Mba mau tanya kalo concealer sama gak sama spot serum? Harusnya pake spot serun baru pake bb cream atau sebaliknya mba? Terimakasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda mba..
      spot serum dulu baru bb cream..

      Delete
  32. Terima ksh ya :-)

    -Ita-

    ReplyDelete

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.