LIFESTYLE : INVESTASI ZAMAN NOW! BUKA TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN!

11:29 PM

 Assalamualaikum beauties!
Menabung uang di Bank sudah menjadi hal yang biasa, tapi apa diantara kamu ada yang sudah pernah mendengar soal menabung emas di Pegadaian? Kalau mendengar istilah "PEGADAIAN" pasti yang pertama kali ada di pikiran kalian adalah soal menggadaikan barang, bener kan? Hal itu memang tidak salah sih, tapi zaman sekarang Pegadaian itu bukan hanya tempat untuk menggadaikan barang saja. Oke sebelum aku lebih jauh membahas tentang "Menabung Emas di Pegadaian", aku akan sedikit membahas tentang investasi terlebih duhulu.
Jadi ceritanya tanggal 24 Maret 2018 kemarin aku menghadiri acara talk show yang di adakan oleh Pegadaian dan C Channel yang membahas tentang "Sharing Seru Investasi Zaman Now".
Acara ini di adakan di Tanamera Coffee Jakarta Selatan dan menurut aku acaranya sangat bermanfaat, jadi aku mau sharing sama kalian sedikit ilmu yang aku dapatkan kemarin. 

Pernah dengar soal investasi? tujuan dari berinvestasi tentunya adalah mendapatkan keuntungan. Kalo selama ini masih ada yang berfikiran bahwa menabung uang di bank adalah berinvestasi, hal itu merupakan hal yang salah karena bunga yang kita dapatkan dari bank sangat kecil, belum lagi adanya potongan administrasi yang dilakukan setiap bulannya. 
Menurut Pak Ngatawi yang merupakan Deputi Bisnis Pegadaian Area Jakarta Selatan, faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih investasi adalah keamanan, resikonya rendah, mudah dicairkan, adanya perlindungan dan keuntungannya jelas. Ada banyak jenis investasi yang bisa kita lakukan diantaranya :
  1. Tabungan : Keuntungannya resiko kecil, tapi kekurangannya profit kecil (2% pertahun) dan tergerus inflasi.
  2. Deposito : Profit lebih tinggi dibanding tabungan biasa, resiko kerugian kecil tetapi tidak dapat ditarik sewaktu-waktu saat dibutuhkan dan adanya resiko penalti.
  3. Properti : Jenis investasi yang dapat disewakan tetapi memerlukan biaya untuk merawatnya dan tidak bisa dijual dengan cepat ketika sewaktu-waktu kita memerlukan uang.
  4. Saham : Keuntungannya akan tinggi bila laba perusahaan tempat kita berinvestasi dapat berkinerja dengan baik. Tetapi sebaliknya bila perusahaan merugi maka saham kita akan terkena imbas bahkan bisa sampai gulung tikar.
  5. Forex : Keuntungan yang diperoleh bisa sangat tinggi tetapi resiko nya pun sangat tinggi karena bergantung pada stabilitas ekonomi global.

Jadi, Investasi apa dong yang paling tepat?
Jawabannya adalah "EMAS", secara tidak sadar berinvestasi melalui emas sudah dilakukan sejak dulu. Orang tua aku dari zaman kuliah pasti bilang gini "Kalau punya uang beli emas buat nabung". Pasti timbul pertanyaan "Kenapa harus emas?"
  1. Jangan salah lho emas merupakan unsur yang awet dan tidak bisa terkorosi.
  2. Selain itu nilai emas tahan terhadap inflasi.
  3. Emas dapat dengan mudah dijual atau dijadikan jaminan.
  4. Emas terbebas dari pajak.
  5. Nilai emas jarang turun bahkan cenderung terus naik.
  6. Adanya perlindungan universal karena diakui di semua tempat dan negara.
Duh buat beli emas kan perlu uang yang nggak sedikit, eits.. jangan khawatir berinvestasi emas nggak cuma bisa dibeli tunai lho, bisa juga melalui cicilan di pegadaian atau membuka pegadaian tabungan emas.
  1. Cicilan emas di pegadaian : melakukan pembayaran uang muka mulai dari 15% dengan pilihan waktu pembiayaan yang bisa kita tentukan sendiri dari mulai 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan sampai 36 bulan. Selain itu pembayaran cicilannya flat hingga lunas.
  2. Pegadaian tabungan emas : layanan penjualan dan pembelian emas dengan fasilitas titipan. Jadi kita hanya perlu membuka rekening tabungan emas di pegadaian dan setorkan uang minimal 50.000 Rupiah saja. Uang yang kita setorkan tersebut akan dikonversikan dalam bentuk gram emas dan jika sudah terkumpul bisa kita ambil dalam bentuk logam mulia. Hanya bermodalkan KTP dan keteguhan hati untuk berinvestasi, kita sudah bisa membuka pegadaian tabungan emas.

PT. Pegadaian Persero tentunya tidak ingin ketinggalan zaman. Saat ini sudah ada aplikasi Pegadaian Digital yang bisa kalian download di AppStore atau Play Store. Melalui aplikasi ini, kita bisa mengajukan kredit gadai, megajukan kredit mikro, membayar transaksi gadai, membayar angsuran mikro dan membuka pegadaian tabungan emas.
Untuk membuka pegadaian tabungan emas, klik buka tabungan kemudian isi semua data diri yang diperlukan seperti pada foto di atas.
 
Tahap kedua pilih lokasi pegadaian yang terdekat dari rumah kamu, kemudian akan muncul rincian pembayaran yang harus kita lakukan.
Tahap terakhir adalah informasi mengenai total pembayaran dan no virtual account yang harus kita masukan saat melakukan transfer. Sangat mudah dan praktis bukan?
Ketika sudah berhasil akan ada notifikasi seperti di atas. Selanjutnya kita bisa langsung mendatangi kantor pegadaian tempat kita mendaftar untuk mengambil buku tabungannya. Setelah terdaftar uang yang kita masukan tadi sudah otomatis berubah menjadi gram emas dan emasnya dapat kita cetak minimal jika sudah 0,5 gram. Kita juga bisa melakukan top up saldo tabungan melalui aplikasi tersebut, jadi tidak perlu mengantri atau jauh-jauh datang ke outlet pegadaian.
Yuk... buat temen-temen semua, mari kita mulai berinvestasi sedari dini. Sedikit demi sedikit kan kalo udah lama nominalnya akan bertambah dan bisa menjadi tabungan di masa depan.
Sekian tulisan aku kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua dan sampai ketemu di postingan aku yang selanjutnya yah!
With Love,

Hani Hikaru

You Might Also Like

0 comments

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.