BEAUTY TIPS : YUK KENALAN SAMA JERAWAT HORMON!

9:49 PM

Assalamualaikum Beauties..
Postingan artikel yang membahas tentang jerawat di blog ini laris manis di banjiri pengunjung, hal ini membuktikan masih banyak banget dari temen-temen yang punya problem soal jerawat. Aku sendiri bertahun-tahun berurusan sama jerawat yang berkepanjangan, lelah banget rasanya. Kalo dulu mempunyai wajah mulus itu rasanya bagaikan mimpi. Tapi alhamdulilah setelah lulus kuliah apoteker dan berkecimpung di dunia skin care aku mulai sedikit paham persoalan tentang jerawat.
Jadi menurutku bisa di bilang peribahasa "tak kenal maka tak sayang" itu berlaku untuk persoalan tentang jerawat. Yup.. jadi kalo mau nyembuhin jerawat itu kita harus kenal dulu sama tipe jerawatnya, karena cara menyembuhkannya juga akan berbeda. Pernah ngerasa nggak ketika kita udah menjaga kebersihan wajah, hidup teratur, menjaga makanan tapi masih aja timbul jerawat? bisa jadi jerawat kamu disebabkan oleh hormon. Nah apa kamu semua pernah denger soal jerawat hormon??
Ceritanya tanggal 17 September kemarin aku mengisi acara beauty class bareng PT. AAM untuk rekan-rekan Apoteker di Bandung dan pada sesi beauty class ini aku di bantu oleh tim dari Sariayu Martha Tilaar. Nah sebelum sesi beauty class ada sedikit materi tentang jerawat yang disebabkan oleh hormon yang diberikan oleh dokter yang ahli di bidangnya. Setelah mendengar materi itu aku jadi kepikiran buat sharing di blog ini persoalan tentang jerawat hormon karena aku pikir hal ini akan bermanfaat banget buat temen-temen yang suka baca tulisan aku.
Pada dasar nya baik laki-laki maupun perempuan pasti mempuunyai hormon di dalam tubuhnya. Nah pada tubuh perempuan normal terdapat hormon androgen tapi dengan jumlah yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan laki-laki. Hormon adrogen ini dapat menyebabkan kelenjar minyak pada kulit memproduksi lebih banyak minyak atau sebum. Jadi apabila terjadi peningkatan hormon androgen pada perempuan, otomatis produksi minyak juga akan berlebih. Masalahnya kalo produksi sebum berlebih tadi menutupi folikel yang terbuka maka akan terjadi peradangan kecil dan meningkatnya bakteri Propionilbacterium acnes pada pori-pori, timbul deh tuh jerawat manja XD.

Tetapi meskipun hormon androgen dalam keadaan yang normal, bila kelenjar minyak pada kulit sangat sensitif terhdap androgen, maka minyak akan diproduksi secara berlebih dan akhirnya menyebabkan terjadinya peradangan.
Terus gimana cara bedain jerawat yang disebabkan oleh hormon dengan jerawat lain pada umumnya? Ini dia beberapa ciri-ciri jerawat yang disebabkan oleh hormon.
  1. Jerawatnya susah hilang walaupun sudah dilakukan dengan pengobatan topikal.
  2. Ukuran jerawatnya besar dan meradang.
  3. Pada jerawat akan terasa gatal, rasa nggak nyaman, bahkan nyeri bahkan menyebabkan sakit yang berhari-hari.
  4. Lokasi munculnya jerawat selalu sama, misalnya di hidung, pipi atau dagu.
  5. Waktu munculnya jerawat selalu sama, misalnya saat akan menstruasi.
Kalo kamu mengalami ciri-cici seperti di atas kemungkinan yang kamu alami adalah jerawat hormon. Tetapi untuk lebih memastikannya aku menyarankan untuk melakukan cek hormon ke dokter obgyn agar bisa diketahui kadar hormon androgen yang terdapat di dalam tubuh kita.
source
Sebenarnya jenis jerawat yang disebabkan oleh hormon ini lebih sulit untuk disembuhkan dibandingkan dengan jerawat lainnya. Pengobatan jerawat jenis ini nggak cukup hanya dengan pengobatan luar aja, tetapi harus dibarengi dengan pengobatan dari dalam yang mampu mengendalikan laju hormon adrogen tersebut.
Salah satu obat yang direkomendasikan oleh dokter untuk saat sesi materi untuk mengobati jerawat yang diakibatkan oleh hormon tersebut adalah pil Diane-35. Pernah denger soal pil Diane-35 ini? obat ini biasanya digunakan sebagai kontrasepsi, tetapi pil Diane-35 mengandung Cyproterone acetate dan Ethinylestradiol. Kedua kandungan ini berfungsi untuk menekan produksi hormon. Penekanan hormon androgen ini akan membantu mengurangi keluarnya kadar minyak berlebih pada wajah. Jika kadar minyak berlebih pada wajah berkurang, otomatis membantu mengurangi timbulnya jerawat. 
Untuk perempuan yang sudah menikah boleh banget menggunakan pil Diane-35 ini, karena selain sebagai kontrasepsi, pil Diane-35 ini akan membantu merawat kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Nah buat yang belum nikah pasti akan timbul pertanyaan seperti "Aku belum nikah memang boleh minum pil ini?" jawabannya boleh kok, karena pil Diane-35 ini aman, dosisnya rendah dan komposisi hormon nya lengkap. Tapi penggunaannya harus dikonsultasikan dan di bawah pengawasan dokter obgyn.

Jadi buat temen-temen yang merasa punya jerawat yang udah diobatin tapi nggak sembuh-sembuh dengan ciri-ciri seperti yang udah aku bahas di atas, aku menyarankan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter obgyn dan melakukan cek hormon agar kamu bisa mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai.

Sekian sharing aku kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat ya dan sampai ketemu di artikel aku berikutnya.
With love,


Hani Hikaru


You Might Also Like

0 comments

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.