PENTINGNYA PENGGUNAAN SUNSCREN & REVIEW THE BODY SHOP SKIN DEFENCE MULTI-PROTECTION ESSENCE SPF 50 PA++++

9:31 PM

Assalamualaikum beauties!
Kalau ngomongin tentang skincare routine, nggak sempurna banget kayanya kalau nggak membahas soal sunscreen. Bisa di bilang kalau sunscreen itu adalah produk wajib dari serentetan skincare yang aku gunakan. Tapi terkadang aku sendiri suka malas menggunakan sunscreen karena agak kurang nyaman saat digunakan. Bahkan ketika SPF nya semakin tinggi akan terasa semakin lengket di wajah. Sampai pada akhirnya ketika aku menemukan produk The Body Shop Skin Defence Multi-Protection Essence SPF 50 PA++++ padanganku yang pada awalnya malas menggunakan sunscreen jadi berubah. Sampai-sampai aku berfikiran ternyata ada ya sunscreen yang bentuknya seperti ini!
Oke sebelum aku membahas lebih lanjut tentang produk ini aku akan sedikit membahas tentang sunscreen terlebih dahulu. Pasti kamu semua udah familiar banget dengan kata "sunscreen" ini, tapi sebenarnya sunscreen itu apa sih??

Sunscreen merupakan produk yang bisa menangkis sinar UVA dan UVB yang dapat merusak kulit. Sunscreen yang masuk ke dalam kulit akan menyerap radiasi UV tersebut sebelum mencapai lapisan kulit dan kemudian merusaknya.

Seperti yang kita tau sinar UVA dan UVB itu berbahaya banget untuk kesehatan kulit. Huruf A pada UVA berarti ”Aging” (penuaan) dan B pada UVB artinya “Burning” (pembakaran). Tabir surya yang mengandung UVB lebih populer sejak zaman dahulu, tetapi yang sebenarnya kita butuhkan adalah produk pelindung matahari yang memiliki fitur pelindung dari kedua sinar UV baik A maupun B. Oke aku akan mulai membahas produk sunscreen yang jadi favorite aku saat ini.
The Body Shop Skin Defence Multi-Protection Essence SPF 50 PA++++ memiliki kemasan yang simple, sleek dan exclusive
Tube dan kotak bagian luar berwarna putih dengan dominasi rose gold dan tutup berwarna hitam. Isi dari produk nya 40 ml di bandrol dengan harga Rp. 399.000,- dan bisa kamu dapatkan di counternya The Body Shop atau di website nya www.thebodyshop.co.id.
Pada bagian belakang tube terdapat detail mengenai keterangan produk, cara penggunaan, nama pabrik dan No BPOM.
Produk ini hanya bisa digunakan selama 12 bulan ketika kemasannya sudah dibuka. Seperti rangkaian produk The Body Shop lain yang pernah aku bahas sebelumnya, produk ini juga Forever Against Animal Testing, jadi semua produknya 100% cruelty free, nggak pernah diuji cobakan pada hewan dan semua produk The Body Shop nggak mengandung unsur hewani. Hal yang membuat produk ini semakin special adalah nggak mengandung paraben, mineral oil dan parrafins jadi aman untuk digunakan.
The Body Shop Skin Defence Multi-Protection Essence ini mengandung SPF 50 PA++++. SPF sendiri adalah Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk pelindung matahari akan memberi tahu kamu sebaik apa produk tersebut dalam melindungi kulit dari sengatan matahari. Angka SPF adalah penentu seberapa lama kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut.

Misalnya kulit aku membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk terbakar matahari tanpa dilindungi apapun dan sekarang aku menggunakan SPF 50 itu artinya 10x50 = 500 menit atau 8,3 jam. Jadi produk tersebut akan melindungi kulit aku selama 8,3 jam dan pemakaiannya harus di ulang setelah 8,3 jam. Semakin kecil tingkat SPF, kamu harus lebih sering untuk mengaplikasikan ulang untuk memperlama waktu kamu beraktivitas di bawah terik matahari tanpa khawatir terbakar.

Sedangkan PA++++ menunjukkan bagaimana perlindungan yang bisa di dapatkan untuk menangkal sinar UVA terhadap kulit kita. Tanda "+" sendiri menunjukkan tingkat perlindungan UVA yang bisa kita dapatkan. Nah kalo semakin banyak tanda "+" pada produk yang kita gunakan, maka semakin tinggi tingkat perlindungannya terhadap sinar UVA.
Seperti yang sudah aku bilang sebelumnya, produk ini sangat nyaman ketika digunakan dan nggak lengket sama sekali walaupun memiliki SPF yang lumayan tinggi. Teksturnya ringan dan mudah meresap saat digunakan. Wangi nya pun juga enak dan nggak mengganggu.
Selain itu produk ini mengandung ekstrak red algae dan antioksidan vitamin C yang dapat membantu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.
Memang nggak terlalu terlihat perbedaan sebelum dan sesudah aku menggunakan produk ini tapi setelah digunakan dia nggak membuat wajah menjadi berminyak, meninggalkan white case (bekas putih-putih) ataupun membuat wajah menjadi putih berlebihan seperti saat menggunakan sunscreen pada umumnya. Untuk efek mencerahkan nya belum aku rasakan sih karena aku baru menggunakan produk ini selama 2 mingguan, mungkin efeknya akan terlihat jika aku menggunakan produknya rutin dan dalam jangka waktu yang lebih lama.
Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih sunscreen diantaranya :
  • Pilih sunscreen yang memiliki fitur pelindung dari kedua sinar UV baik A maupun B.
  • Pastikan juga sunscreen tersebut memiliki PA++++.
  • Untuk sehari-hari pilih sunscreen yang SPF nya minimal 30.
  • Pilih sunscreen yang kandungannya aman dan memiliki kandungan tambahan seperti vitamin C agar selain melindungi kulit bisa menyehatkan kulit juga.
  • Pilihlah sunscreen yang teksturnya nyaman saat digunakan, nggak bikin wajah lengket ataupun membuat wajah terlihat menjadi lebih putih berlebihan.
Overall aku suka dengan produk ini karena memberikan kenyamanan yang aku butuhkan. Aku merekomendasikan The Body Shop Skin Defence Multi-Protection Essence SPF 50 PA++++ ini untuk kamu yang malas menggunakan sunscreen dengan alasan "lengket" terutama untuk kamu yang kulit nya berminyak kaya aku. 

By the way sunscreen itu juga penting lho walaupun aktifitas yang kita lakukan lebih banyak di dalam ruangan karena sinar matahari juga bisa masuk lewat celah jendela dan kulit kita bisa juga terkena paparan sinar UV secara nggak langsung. Yuk ah mulai membiasakan diri menggunakan sunscreen setiap hari karena perawatan kulit adalah investasi. Lawan rasa malas, keep the simple steps as your habit and gently maintain your skin health. You will be happy of the result few years from now, and even later 10 years and more from now!

See you on my next post!
With Love,


Hani Hikaru

You Might Also Like

5 comments

  1. mba ini bisa di aplikasikan dengan bb cream atau bedak gak ya ?

    terus kalo buat yang berjerawat gimana ya bisa kah pake ini,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, dipakainnya sebelum BB Cream atau bedak mba. Untuk yang jerawat bisa pakai ini karena water base.

      Delete

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.