TRAVELLING : JALAN-JALAN KE BANYUASIN & PALEMBANG!!

11:40 PM

Setelah pulang dari Bali, aku dan my travel mate Sha Aullia kembali melakukan perjalanan. Kali ini tempat yang jadi tujuan kami adalah Banyuasin dan Palembang yang berada di Sumatra Selatan. Lagi-lagi wilayah lain di Indonesia menjadi sangat menarik buat kami dibandingkan jalan-jalan ke luar negri.
Aku dan Sha Aullia berangkat dari tempat yang berbeda, Aul pergi dari Jakarta sedangkan aku pergi dari Bandung bareng dengan Kang Irfan dan Dewi. Mereka berdua merupakan crew dari Bandung TV yang ikut juga dalam perjalanan ini.

Sesampainya di Palembang aku dan Aul akhirnya ketemu. Selama berada di Palembang kita menginap di Hotel Aston Palembang. Karena kita baru sampai di hotel pada sore hari, akhirnya hari pertama di Palembang kita habiskan dengan beristirahat di hotel.
Keesokan hari nya setelah sarapan di hotel, kami langsung berangkat menuju Banyuasin. Perjalanan dari Palembang menuju Banyuasin membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Perjalanan kali ini merupakan pengalaman pertama aku menginjakan kaki di Sumatra Selatan.
Sepanjang jalan dari Palembang menuju Banyuasin dipenuhi dengan hutan, jalanannya nggak macet hanya memang sedikit lambat karena banyak mobil-mobil besar saperti truk yang melewati jalan ini.
Destinasi yang kami kunjungi di Banyuasin adalah Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Kemampo. KHDTK Kemampo merupakan hutan pemerintah yang dikelola oleh Pusat Studi Desa Indonesia (PSDI).
Hutan ini berbeda dengan hutan pada umumnya karena ada banyak hal yang bisa kita lakukan disini seperti outbound, flaying fox, memancing dan paint ball. Selain itu, disini terdapat banyak bibit pohon yang dipelihara.
Setiap pohon yang baru ditanam disini akan diberi nama pohon dan nama latin dari setiap pohonnya. Tempat ini sepertinya cocok untuk menjadi tempat wisata bagi para pelajar karena selain bermain, diharapkan para generasi bangsa bisa sambil belajar mengenal tumbuhan khas Indonesia khususnya tanaman yang tumbuh di daerah Banyuasin.

Ketika aku sampai di KHDTK Kemampo ada juga beberapa warga yang sedang bersantai sambil memancing ria.
Kami pun di suguhkan hidangan khas Palembang, apalagi kalo bukan Pempek Palembang. Selama ini aku cuma makan Pempek Palembang yang dijual di Bandung, ternyata Pempek Palembang asli nya jauh lebih enak xD.
Aku dan beberapa teman-teman lainnya dari Jakarta mencoba bermain Paint Ball di area KHDTK Kemampo, sedangkan Aul yang sedikit penakut jadi bagian dokumentasi.
Aku menjadi satu-satu nya perempuan dalam pertempuran ini.hehehe Padahal ini merupakan pengalaman pertama aku bermain paint ball.
Aku berada di Tim Biru melawan tim merah. Serius main paint ball itu ternyata asik. Walopun akhirnya tim biru kalah sama tim merah tapi suasana sore itu begitu menyenangkan karena dipenuhi dengan canda tawa dari semua pemain.
Oia karena aku sempat tertembak di bagian kaki, luka memar nya linu banget dan luka nya baru hilang setelah sebulan,hahaha lumayan lama!! Aku sarankan untuk menggunakan peralatan safety biar nggak kenapa-napa.
Setelah puas bermain-main di area KHDTK Kemampo, sore nya kami kembali ke Palembang dan beristirahat dihotel.

Hari ketiga di kota Palembang kami habiskan dengan mengelilingi kota Palembang dan berwisata kuliner. Untuk pertama kali nya aku mencoba Mie Celor khas kota Palembang. Pertama nyobain rasanya agak aneh di lidah tapi kalo di tambah pedes makanan ini bener-bener lezat.
Malam nya kami menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan Jembatan Ampera sambil makan malam.

Makanan yang kami pesan waktu itu adalah seafood. Pemandangan romantis sambil makan seafood, alhamdulilah begitu nikmat!!! Yang kurang hanyalah nggak ditemenin pasangan.hahahaha

Akhirnya sudah tiba saat nya kami kembali pulang. Karena nggak ada pesawat sore dari Palembang ke Bandung, kami pun memutuskan untuk pulang ke Jakarta dan menggunakan transportasi darat dari Jakarta ke Bandung. Perjalanan selama 3 hari di Palembang dan Banyuasin menjadi pengalaman tersendiri buat aku. Ketemu orang baru, mengenal keindahan lain dari alam Indonesia dan mencoba makanan baru khas Indonesia, semuanya begitu menyenangkan dan memiliki nikmat tersendiri. Yuk kita jaga alam dan kebudayaan khas di setiap daerah di Indonesia agar kelak anak cucu kita masih bisa menikmati semua ini.

Sekian post kali ini. Sampai ketemu di post travelling aku selanjutnya!!

You Might Also Like

8 comments

1. Kak Hani. Kenapa ga kabarin kalo main ke Palembang. Hwaaa.. Nanti aku bisa samperin kakak di Hotel >_<

Replies
    1. hehehe iya ya aku lupa kalo kamu tinggal di Palembang. Lain kali kita ketemuan ya kalo aku main ke Palembang lagi ^^

Delete
  2. Kalau saya pengen banget ke palembang, solanya pengen makan Pempek di tanak kelahirannya langsung,,,

Replies
    1. pempek palembang yang asli enak banget loh. Bisa dimakan nggak pake kuah dan rasanya tetep enak.

Delete
  3. Yaampun diposting juga akhirnya ahaha tapi bete ah ke sana, hadn't much time to explore T.T

1. hahahaha iya lah..
      kita udah jauh2 kesana masa gak di posting walaupun pas kita sampe sana semuanya di luar prediksi.hehehe

Delete
  4. Ya Tuhan, kenapa aku fokusnya ke makanannya? Kenapa pempeknya menggoda banget? Huhuhu.

Salam,
    Shera.

Replies
    1. haii salam kenal juga..
      makanan Indonesia kan memang enak-enak :))

Delete

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.