TRAVELLING : EXPLORE LOMBOK (PART 2 : PANTAI SELONG BELANAK, PANTAI MAWUN, PANTAI & BUKIT TUNAK, BUKIT MERESE) !!

9:31 AM

Hallo..
Assalamualaikum beauties..
Di post kali ini aku akan melanjutkan cerita perjalanan travelling aku bersama my travel mate Sha Aullia dari www.duapuluhtujuhdesember.com. Kalo kalian pembaca setia blog ini pasti udah tau kalo beberapa bulan yang lalu aku dan Sha Aullia melakukan travelling ke Lombok, Gili Trawangan dan Bali selama 8 hari. Untuk post tentang Lombok Part 1 sudah aku publish disini. Buat yang belum baca monggo di klik link nya xD.

Setelah hari pertama di Lombok aku mengeksplore Desa Sasak Sade, di hari kedua aku mengeksplore beberapa pantai di Lombok. Mungkin kebanyakan orang ketika berkunjung ke lombok akan mengunjungi Pantai yang sudah terkenal seperti Pantai Pink, Pantai Senggigi ataupun Pantai Kuta Lombok. Berbeda dengan aku dan my travel mate, kita sengaja mengunjungi pantai-pantai yang belum banyak di jamah wisatawan. 

Nah.. karena aku dan my travel mate nggak tau sama sekali tentang wilayah Lombok, akhirnya hari itu kami minta ditemanin sama Mas Ingga (Lombok Island Trip Planner) untuk menjelajahi pantai di Pulau Lombok. Oke buat kalian yang penasaran pantai apa saja yang indah di Lombok tapi nggak banyak diketahui orang, baca post ini sampe bawah yah. WARNING!!! makin ke bawah akan makin banyak foto-foto kenarsisan aku, jadi bagi kalian yang bakal enek liat foto-foto narsis aku STOP BACANYA SAMPE SINI AJA.hehehe..


PANTAI SELONG BELANAK
Setelah bangun di pagi buta dan janjian sama mas Ingga, akhirnya pantai pertama yang kami kunjungi adalah Pantai Selong Belanak. Letaknya sekitar 49 km dari Kota Mataram, ditempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Saat dalam perjalanan menjelajahi pantai ini jangan harap kamu bisa liat papan petunjuk jalan ataupun menggunakan google maps karna nggak ada sama sekali.
Jalan menuju Pantai Selong Belanak relatif bagus tapi di 15 km terakhir jalanannya akan sedikit naik-turun. Di tengah perjalanan kamu akan menemukan pemandangan ladang tembakau yang indah. Setelah sampai di parkiran, kita harus jalan kaki terlebih dahulu sekitar 50 m untuk sampai di pantai yang indah ini.
Pantai Selong Belanak benar-benar masih bersih dan memiliki karakteristik yang unik dengan panorama yang khas. Pemandangan hamparan pasir putih yang panjang dengan garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit menjadi pemandangan yang bisa kita nikmati. Di ujung lengkungan pantai terdapat beberapa bukit dengan panorama hijau yang alami.

Pantai ini memang masih sepi pengunjung, tapi jangan khawatir kita masih bisa menemukan warung jajanan di sekitar pantai. Disana juga terdapat penyewaan tempat berteduh dengan harga 50 ribu untuk 2 tempat berteduh.
Pantai di pulau lombok memang jauh berbeda dengan di Bali. Menurutku di Lombok jauh lebih sepi dan tenang, cocoklah buat kalian yang liburannya pengen mencari kedamaian dan menyepi dari hiruk pikuk perkotaan.

Di pantai ini kamu akan menemukan banyak anak-anak asli Lombok yang sedang berenang dan bermain seluncur karna ombak di pantai ini memang agak lumayan kencang.


Selain itu kamu juga bisa bersantai dan berjemur di pinggir pantai sambil menikmati suara ombak. Saat aku datang ke pantai ini ada beberapa bule yang sedang bersantai juga.
Akhirnya aku merayakan tiup lilin di ulang tahun yang ke-24 di pantai ini. Alhamdulilah kesampean kan pengen ultah di pantai. Makasih banyak kue nya buat my travel mate Sha Aullia.


PANTAI MAWUN
Pantai kedua yang aku kunjungi adalah Pantai Mawun. Pantai ini terletak di daerah selatan Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Desa Tumpak Kecamatan Pujut.
Pantai Mawun berada diantara Pantai Kuta Lombok dan Pantai Selong Belanak. Perjalanan untuk menuju pantai ini cukup menakjubkan karena kondisi jalan yang kurang bagus dan rute yang naik-turun. Lokasinya sekitar 40 km dari kota Mataram.
Omak di pantai ini jauh lebih tenang dibandingkan di Pantai Selong Belanak. Warna lautnya pun jauh lebih biru dan indah.
Kalo kamu penyuka pantai kaya aku, kamu akan benar-benar takjub ketika sampai di tempat ini. Bersantai seharian di tepi pantai sambil baca novel enak banget kayanya.
Pantai Mawun sebenarnya memiliki pesona yang begitu indah sebagai tempat wisata, pantai di pulau ini konon merupakan bagian dari teluk.

Garis pantainya berbentuk seperti tapal kuda dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang bertekstur lembut di pantai bagian tengah dan di bagian sisi barat tekstur pasirnya lebih kasar dan bercampur pecahan karang.
Di tepian pantai terdapat warung penjual jajanan dan tempat bersantai. Menurut para pedagang, setiap hari pantai mawun ini selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun domestik. Tapi jumlah pengunjungnya relatif masih sedikit. Mungkin karena minimnya informasi mengenai wisata Pantai Mawun ini.
Selain berenang, kamu bisa menikmati pemandangan indah di pantai ini dengan berjemur atau berfoto ria.


3. PANTAI & BUKIT TUNAK
Tempat ketiga yang aku kunjungi adalah Pantai & Bukit Tunak. Untuk sampai di tempat ini rutenya WOW sekali, kita mesti melalui jalanan yang berkelok dan di jamin nggak akan ada rute petunjuk jalan. Nyari di google maps pun nggak akan bisa karena sinyalnya kurang bagus.
Untuk sampai di pantai ini, kita harus memasuki jalan di dalam Hutan Gunung Tunak dengan tanjakan jalan yang lumayan curam. Kalo mau kesini harus nyari supir yang bener-bener sudah tau kondisi jalan. Biasanya di sepanjang jalan hutan akan banyak ditemukan kupu-kupu.
Tapi setelah sampai di tempat tujuan, perjalanan panjang yang ditempuh untuk bisa sampai di tempat ini terbayarkan dengan pemandangan pantai yang benar-benar indah sekali. 
Pantai tunak benar-benar bersih dan indah. Gradasi warna lautnya begitu mempesona, sulit untuk aku ukirkan dengan kata-kata. Ombak di pantai ini sangat besar, berbeda dari 2 pantai sebelumnya.
Selain itu di pantai ini terdapat sebuah batu yang bentuknya lancip. Batu ini yang sering di jadikan objek untuk para fotografer. Untuk bisa melihat batu itu dari dekat, kita harus naik terlebih dahulu ke atas bukit tunaknya.
Saking sepinya disini belum ada yang penjual warung makanan sama sekali. Bahkan ketika kami sampai di disini, hanya kami lah satu-satunya pengunjung yang datang.











Karena kepalang sudah jauh-jauh datang kesini, aku dan my travel mate memutuskan untuk berjalan kaki ke atas bukit tunak. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di atas bukit Tunak.
Tinggi bukitnya sekitar 105 mpl, walaupun nggak tinggi-tinggi amat tapi pemandangan dari atas bukit sangat menakjubkan.




Dari atas Bukit Tunak kita bisa melihat batu lancip tersebut lebih jelas lagi.

Tempat ini bener-bener keren untuk berfoto-foto. Aku berharap bisa foto prewedding disini.hehehe gak apa-apalah yah ngayal dulu walaupun belum ada calonnya.
Bisa menikmati pemandangan bukit dan pantai dalam satu tempat sekaligus rasanya LUAR BIASA bukan!!!





4. BUKIT MERESE
Tempat terakhir yang aku kunjungi di hari kedua di Pulau Lombok adalah bukit Merese. Bukit Merese ini terletak di Pantai Selatan Pulau Lombok, temasuk ke dalam wilayah Lombok Tengah dan masih satu kawasan dengan Pantai Tanjung Aan.
Sebenarnya sebelum sampai di puncak Bukit Merese ini kita akan menemukan Pantai Tanjung Aan terlebih dahulu, sayangnya karena waktu itu sudah terlalu sore dan aku mengejar sunset di atas puncak Bukit Merese, jadi ketika sampai di tempat ini aku dan my travel mate langsung berjalan kaki menuju pucak Bukit Merese.
Butuh waktu sekitar 15-20 menit berjalan kaki untuk sampai di atas puncak bukit ini. Dari atas bukit terlihat gradasi air laut yang bening biru kehijauan bahkan meski langit terlihat gelap.  
Aku pun bisa melihat indahnya sunset dari atas bukit ini. Lagi-lagi aku bersyukur bisa menikmati pemandangan luar biasa ciptaan-NYA.



Bukit-bukit berjajar membentuk layer sederhana dengan berbalut warna hijau dari rerumputan yang tumbuh di setiap jengkal tanahnya.





Wisatawan di Bukit Merese ini lebih ramai di bandingkan di 3 tempat yang aku kunjungi sebelumnya. Di dekat pantai juga sudah terdapat warung yang berjualan makanan.
Yup.. itu dia empat tempat menakjubkan yang aku explore di hari kedua di Pulau Lombok. Setiap tempat yang aku kunjungi punya ciri khasnya masing-masing dan memiliki keindahan tersendiri. Sedikit tips dari aku buat kalian yang ingin menjelajahi ke-4 tempat diatas.
  1. Gunakan tourguide atau supir yang sudah tau jalan karena nggak akan ada petunjuk jalan ataupun sinyal untuk mencari jalan di google maps.
  2. Malu bertanya sesat dijalan, jadi jangan sungkan untuk bertanya arah jalan sama warga sekitar.
  3. Bawa cemilan atau makanan dan air minum karena rute dari satu tempat ke tempat lain agak lumayan jauh.
  4. Terakhir, gunakan sunblock karena cuacanya benar-benar sangat panas.
Sekian post travelling aku di Pulau Lombok. Terimakasih banyak untuk Mas Ingga yang sudah menemani kita seharian menjelajahi pantai dan bukit yang indah di Pulau Lombok. Di hari ketiga aku menyebrang kapal untuk mengeksplore Gili Trawangan. Buat kamu yang penasaran tunggu post nya yah. Satu pesan aku, jaga alam kita baik-baik dan jangan buang sampah sembarangan ketika kamu berada di alam. Karena pemandangan alam itu gratis tapi sangat berharga, kalo mau bayar cukup menjaga dan merawatnya ^^. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi buat kamu yang pengen travelling ke Pulau Lombok. Nantikan post traveling aku selanjutnya yah ^^.
See You,


Hani Hikaru


You Might Also Like

14 comments

  1. pantainya cakep2 banget mba...jadi pengen ke lombok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ke lombok!!
      nggak akan nyesel kok ^^

      Delete
  2. Duhh...pantai2 di Lombok keren2 ya Mba.. Aku belum pernah ke Lombok.. pengen banget ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib kesini loh ^^..
      di doain ya semoga bisa segera ke lombok ^^

      Delete
  3. Wih seru :))
    Saya yang tinggal di Lombok saja belum sempat sampai Gunung Tunak itu hihihihi..

    Dari tempat-tempat yang disebutkan di atas saya baru datang ke Pantai Selong Belanak dan Pantai Mawun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak kalo tinggal di lombok, aku pengen banget bisa tinggal disana karena banyak banget wisata alam yang bisa di explore disana.

      Delete
  4. Gokil pokoknya trip ke Lombok ya sis! Yang ke Bukit dan Pantai Tunak itu kita doang karena kita kesorean banget kesana sebenernya kata Bang Ingga, sebenernya banyak yang kesana tapi dari pagi sampe siang aja,soalnya kalo udah sore ngeri ujan dan rawan gitu jalur pendakiannya kan, pokoknya Lombok is paradise, destinasi yang ga kalah pecahnya sama Bali! Yeay!Kangeeeennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa selalu kembali ke tempat ngetrip kita ya bul ;*

      Delete
  5. pantainya cantik tenaaaaan! apalagi bukit tunaknya. kayaknya bakal jadi wishlist liburan nih..

    sensitive-explosive.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dan wajib kesana kalo mau liburan ke lombok ^^

      Delete
  6. Baru tahu kalau di lombok ada pantai secantik ini,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun baru tau setelah berkunjung kesana ^^

      Delete
  7. Ada jargonnya mb "jangan ke lombok!nanti g mau pulang".hehe...

    Salam dari lombok

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii intan..
      salam dari bandung..
      Lombok memang selalu bikin nagih, sekali kesana pasti pengen kesana lagi ^^
      Thank you udah mampir dan meninggalkan jejak ^^

      Delete

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.