REPORT EVENT : COSMEKITA LAUNCHING PARTY

6:46 PM

Tanggal 12 April 2014 kemaren aku dapet email Undangan dari PR Cosmekita untuk acara Cosmekita Launching Party. Seneng banget rasanya bisa dapet undangan buat datang ke event beauty. Ini pertama kalinya aku dateng ke event beauty, karena domisili aku di Bandung dan kebanyakan event beauty itu di Jakarta jadi selalu absen kalo ada event beauty. Akhirnya hari Minggu tepatnya tanggal 27 April kemarin aku menghadiri acara Cosmekita Launching Party ini. Acaranya sendiri diadakan di The Akmani Hotel Jakarta Pusat jam 13.00 WIB-16.00 WIB. Aku sendiri jam 6 pagi sudah berangkat dari Bandung menuju Jakarta alasannya karena aku belum tau letak pasti hotelnya dimana, dari pada telat jadi lebih baik datang lebih awal ^^.

Untungnya berkat bantuan pacar yang mau nganterin dan nanya alamat ke beberapa temen Beauty Blogger yang tinggal di Jakarta, akhirnya aku bisa sampai di The Akmani Hotel tanpa nyasar. Ketika aku sampai ternyata sudah ada banyak Beauty Blogger lain yang sudah duluan datang. Sebelum acara dimulai kita registrasi ulang terlebih dahulu. Dimeja registrasi sudah ada Rezki yang aku tau dia Beauty Blogger juga dan satu orang cowo tapi aku gak tau siapa namanya.

Setelah melakukan registrasi kita diberikan 1 tas goodie bag dan nomor undian untuk doorprize. Surprise banget rasanya, baru aja dateng udah dikasih goodie bag.

Goodie Bagnya terlihat exclusive dan aku agak sedikit penasaran juga sama isinya.hihihi

Sempet ngintip-ngintip dikit pas goodie bagnya sudah ditangan. Yang terbayang dibenak aku pas ngitip oh.. ada makeup palette..hati udah riang duluan sambil senyum-senyum manis.hihihi

Ketika semua isinya dikeluarkan ternyata ini dia isinya ^^.

Ini isi goodie bag yang aku pikir adalah makeup palette.hihihi

Ketika dibuka..
Tara.....
Ternyata Invitation Card.hihihihi
Baru ngeuh ternyata Invitation Cardnya persis sama Invitation yang dikasih via email. Aku sama temen yang duduk satu meja ketawa-ketawa karena dia juga nyangkanya ini makeup palette.

Kalo dibuka Invitation Cardnya serasa Makeup Case yang dilengkapi sama lampunya. Exclusive banget Invitation Card nya, unik dan lucu banget. Biasanya kan kalo kita dapet Invitation Card cuma dari kertas biasa, abis dibaca paling dibuang. Untuk Invitation Card yang satu ini bakal aku simpen soalnya lucu dan bisa jadi pajangan dikamar ^^

Setelah registrasi selesai para Beauty Blogger dan tamu undangan dari media dipersilahkan untuk makan siang terlebih dahulu. Soal makanannya juga jangan ditanya dari appetaizer, main course dan desert sudah tersedia, aku sendiri merasa dimanjakan. Baru datang udah dikasih goodie bag terus disuruh makan ^^.

Beberapa saat sebelum acara dimulai ada pemberitahuan dari pihak panitia. Ternyata ada lomba foto selfie dengan membawa goodie bag yang langsung diupload di Instagram, Facebook, atau Twitter dan pemenang diumumkan diakhir acara. Aku iseng-iseng join foto selfie. Walaupun ternyata belum rezekinya buat menang.

Beginilah pemandangan di dalam ballroom hotel ketika beberapa saat sebelum acara dimulai. Banyak banget Beauty Blogger yang hadir di acara ini.

Aku duduk satu meja dengan Beauty Blogger lain yang sebelumnya belum aku kenal. Tapi mereka semua ramah.. namanya Beauty Blogger ya..pas ngobrol obrolannya gak jauh dari soal beauty.
Maretakha, Miranti, Aku, Queen, dan Falaqie Nila
Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ms. Karmila Tjahyadi. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran beberapa video tentang kenapa dibuat website Cosmekita ini. Ms. Karmila menjelaskan kenapa dia dan kakaknya membuat web Cosmekita. Pada umumnya ketika seseorang akan membeli kosmetik mungkin akan mencari review terlebih dahulu tentang produk yang akan dibeli. Nah sering kali sudah berusaha mencari dan menelusuri seisi google tapi tidak menemukan review yang tepat tentang produk yang diinginkan atau ketika berniat membeli produk secara online setelah mencari di google yang ada hanya review dengan bahasa asing yang kurang dimengerti. Akhirnya merasa kalo google tidak membantu banyak. Nah dari sinilah terbentuk ide untuk membuat website Cosmekita.  Cosmekita melakukan penelitian bahwa ternyata diluar sana ada kurang lebih 600 blogger, Ms. Karmila berfikiran kenapa tidak dikumpulkan saja menjadi satu di Cosmekita?? Sehingga dapat mempermudah blogger, user, online shop dan vendor berinteraksi.

Setelah itu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Mr. Kenny Tjahyadi yang merupakan CEO/Founder dari Cosmekita,  dia juga merupakan kakak dari Ms. Karmila Tjahyadi.

Mr. Kenny menjelaskan tentang apa itu Cosmekita???
Berdasarkan penjelasannya Cosmekita adalah website komunitas kecantikan yang menggabungkan blogger, pembaca (user), online shop, dan vendor. Tujuannya adalah untuk membangun komunitas yang terhubung satu dengan yang lainnya, sehingga memudahkan seluruh pengguna dalam mencari tahu produk, review, artikel, maupun online shop. Konsep dari Cosmekita sendiri yaitu "CREATE, BEAUTY, TOGETHER."

Mr. Kenny orang yang ramah dan menyenangkan. Selain menjelaskan tentang apa itu Cosmekita, dia memberitahukan benefit yang akan diterima untuk beauty blogger, vendor, dan shop yang bergabung dengan Cosmekita.

Benefit jika Beauty Blogger bergabung di Cosmekita adalah dapat meningkatkan kunjungan/view ke blog. Selain itu di Cosmekita semua Beauty Blogger dapat berkumpul untuk sharing dan bisa update informasi seputar kecantikan serta membangun interaksi yang baik dengan pembaca blog.

Benefit untuk vendor adalah vendor dapat melihat tanggapan langsung terhadap produknya dan melihat pergerakan trends. Selain itu vendor dapat berinteraksi langsung dengan para user dan blogger untuk menciptakan brand awareness. Vendor juga dapat menjadikan website Cosmekita menjadi arena peluncuran produk terbaru dan memberi panduan serta arahan kepada para blogger mengenai produk itu sendiri.

Benefit yang diterima untuk shop adalah bisa meningkatkan penjualan dengan memasang link toko di halaman catalog produk dan membuat promosi serta event bersama Cosmekita.

Selain itu Mr. Kenny Tjahyadi juga memberikan tips untuk para Beauty Blogger. Tips yang diberikan Mr. Kenny Tjahyadi :
1. Personal Branding
Maksudnya kita sebagai para Beauty Blogger harus memberikan informasi tentang diri kita sendiri. Dicantumkan dengan jelas agar pembaca tau tentang profil penulisnya.
2. Custom URL
Nah untuk para Beauty Blogger ada baiknya jika kita menggunakan custom URL sendiri agar blog yang kita kelola mudah di ingat para pembaca.
3. Konten/artikel special
Isi artikel dari blog beauty blogger pasti gak jauh dari review produk, makeup challenge atau report event beauty. Agar pembaca tidak bosan sekali-kali bisa mengadakan giveaway atau menulis artikel diluar kecantikan.
4. Timming Update
Ini nih yang paling susah menurut aku. Agar blog bisa berjalan dengan baik kita harus konsisten dalam memposkan artikel. Berdasarkan survey Mr. Kenny sedikit sekali Beauty Blogger yang bisa bertahan ngeblog lebih dari 2 tahun. Wah tantangan sekali yah untuk bisa bertahan di dunia blog ^^.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video dari Ce Sanny sebagai PR Cosmekita. Sayang sekali dia gak bisa datang karena sedang hamil besar. Semoga next event bisa ketemu ^^. 

Berikutnya ada demo makeup dari Olga Agradia. Olga ini adalah MUA Indonesia yang di sponsori langsung oleh Anastasia Beverly Hills.

Olga memberikan tips cara membentuk alis yang benar. Modelnya adalah salah satu Beauty Blogger juga yaitu Riyanti Terresa.

Selanjutnya ada demo makeup dan hairdo dari Mr. Yamano Matsuo dan Mr. Yazawa Soichi. Mereka berdua dari Yamano Salon Japan.

Mr. Yamano Matsuo dan Mr. Yazawa Soichi keduanya sangat humble. Mereka melakukan demo makeup dan hairdo simpel ala Japan. Model saat demo adalah Karina sebelah kiri dari perwakilan Media dan Rini sebelah kanan dari Beauty Blogger.

Selain itu Mr. Yamano Matsuo dan Mr. Yazawa Soichi memperkenalkan Aurum yang lagi ngetren di japan. Aurum itu bukan nama orang melainkan tatto dari emas dengan jangka pemakaian 1 minggu. Untuk mengaplikasikan tatto ini pun sangat mudah, cukup ditempelkan saja dibagian kulit kemudian sedikit digosok dan voila tattonya langsung nempel dikulit.

Ini dia Shampo dan Treatment andalan Yamano Salon Japan. Sayang sekali aku belum sempat nyobain keduanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sedikit sharing dari Ms. Yulia dari CEO Japan Softlens mengenai awal bisnisnya dari nol sampai bisa semaju sekarang. Acara terakhir adalah acara yang paling ditunggu-tunggu karena ada pengumuman pemenang foto selfie bersama goodie bag dan pengumuman doorprize. Ini dia 3 pemenang foto selfie.
IMG SRC Facebook Cosmekita

 Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman doorprize dari pihak media.
IMG SRC Facebook Cosmekita

 Terakhir adalah doorprize untuk para Beauty Blogger dan yang menang adalah Auzola. Hadiah doorprizenya gak tanggung-tanggung Galaxy Note 3. Mimpi apa ya dia semalem tiba-tiba dapet note 3.
IMG SRC Facebook Cosmekita
Sebelum pulang narsis-narsisan dulu buat kenang-kenangan.
Queen, Dgana, Aku
Nah sebelum pulang para Beauty Blogger menukarkan nomor undian dengan goodie bag lagi. Ini dia goodie bag yang aku dapatkan. Penasaran sama isinya?? Next post aku review yah ^^

Senang sekali rasanya bisa datang ke event kali ini. Menurut aku ini bukan hanya sekedar launching dari Web Cosmekita saja melainkan juga gathering para Beauty Blogger karena banyak sekali beauty blogger yang datang di event kali ini.

Harapan aku untuk Cosmekita semoga gak cuma sekali mengadakan event seperti ini. Mudah-mudahan bisa rutin setiap tahun mengadakan gathering untuk Beauty Blogger karena di ajang ini kita semua dapat berkumpul dan saling mengenal.

Semoga tujuan dari Cosmekita untuk membangun komunitas antara blogger, vendor, shop dan para pembaca bisa benar-benar terlaksana. Gak cuma sampai disini saat lagi booming-boomingnya pas awal peluncuran saja. Karena aku sendiri merasa terbantu untuk memperluas pembaca blog aku dengan adanya komunitas seperti ini.

Yang belum follow atau masih penasaran dengan Cosmekita yuk cek web dan sosial media lainnya.

Web Cosmekita

Facebook Cosmekita

Twitter Cosmekita

Instagram Cosmekita

Oke sekian dulu report event kali ini.
See you on my next post ^^


You Might Also Like

4 comments

  1. wah seru banget ya kalo bisa diundang ke event- event begini :) kamu detail banget ngereportnya. enak dibacanya say :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seneng banget karena bisa kenal orang-orang baru ^^ .
      Makasih yah ^^

      Delete
    2. ah iya aku br bgt mulai beauty blog jd seru banyak dapet pelajaran kl blog walking giniii :D

      Delete
    3. aku juga belum ada setahun nulis beauty blog gini ^^
      semangat terus ngeblognya yah ^^

      Delete

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.