7 Tempat yang Pantas Didatangi Pakai Busana Batik Solo

2:44 AM

Survei telah membuktikan bahwa 64% orang Indonesia menggunakan batik Solo karena merasa bangga dan cinta terhadap warisan nenek moyang kita. Batik Solo merupakan warisan kebanggaan masyarakat Indonesia yang tidak hanya populer di dalam negeri melainkan juga hingga ke mancanegara. Selain karena kecintaan mereka pada Indonesia, banyak orang mengenakan baju tradisional ini karena desainnya yang unik dan menarik.
Saking lekatnya dengan Indonesia, sampai-sampai warisan nenek moyang yang satu ini dianggap mewakili Citra Bangsa Indonesia.

Motifnya yang cantik dan desainnya yang lebih modern, belakangan membuat warisan budaya ini tidak hanya cocok digunakan untuk kondangan saja, melainkan pantas juga dikenakan saat datang ke tujuh tempat berikut ini. Dimana itu?

Untuk ke kantor
Saat bekerja di kantor, pakaian yang cocok dikenakan adalah yang sedikit agak kaku dan bernuansa resmi. Sangat cocok dengan tipikal motif dan desain batik Solo yang sebagian besar dianggap sopan dan cocok untuk mewujudkan rasa cinta pada nusa dan bangsa maupun rasa cinta pada warisan leluhur tersebut.

Untuk ke kantor, model yang dipilih sebaiknya yang dilengkapi dengan motif berukuran sedang dan simetris. Walau demikian, bagi kamu yang bekerja di perusahaan swasta, yang memberikan keleluasaan dalam memilih pakaian, kamu tetap boleh memilih yang desain dan motifnya lebih modern.

Pengajian
Untuk pergi ke pengajian, selain menggunakan gamis atau kebaya muslim, menggunakan baju tradisional ini juga dianggap cukup pantas dan sopan. Karena itulah, baju ini dianggap pantas untuk menghadiri acara-acara religius seperti pengajian.

Menghadiri undangan pernikahan
Tempat yang pantas untuk kamu datangi dengan mengenakan batik selanjutnya adalah pernikahan. Walaupun tidak ada aturan baku yang mengharuskan kita untuk memilih jenis pakaian tertentu, namun pernikahan akan lebih pantas jika dihadiri dengan pakaian-pakaian yang didesain semi resmi atau resmi.

Batik Solo yang kental dengan nuansa tradisional sangat cocok dengan acara pernikahan yang juga memiliki nuansa tradisional serta religius. Sebaliknya, cobalah menghindari pakaian-pakaian yang dianggap kurang sopan seperti mengenakan celana jeans, mengenakan pakaian serba hitam, hingga pakaian serba putih.

Tempat ibadah
Apapun tempat ibadah yang akan kamu datangi, kamu tetap akan terlihat pantas jika mengenakan baju formal. Apalagi jika di desain seperti baju koko atau gamis. Untuk ke tempat ibadah, sebaiknya pilihlah yang motifnya sederhana. Seperti motif floral misalnya. Sebaliknya, hindarilah mengenakan batik Solo yang motifnya berupa gambar-gambar makhluk hidup terutama jika pergi ke masjid.

Acara wisuda
Menemani anak atau keluarga wisuda adalah momen yang sangat membahagiakan untuk siapapun. Acara ini sangat pantas didatangi dengan baju-baju yang resmi dan mencirikan budaya bangsa. Karena seperti sifat akademik yang formal, pakaian-pakaian yang kita kenalkan pun sebaiknya juga terkesan formal.

Sekolah
Sebagai seorang pendidik, sudah sewajarnya apabila kita memberikan contoh yang baik kepada anak didik. Salah satu contoh tersebut adalah bagaimana cara berpakaian rapi dan sopan. Ya, sebagai seorang guru kamu wajib memberikan contoh karena apapun yang kamu kenakan dan lakukan akan digugu dan ditiru oleh para siswa.

Interview
Apapun jenis interview yang kamu hadiri, entah itu interview kerja atau interview beasiswa, mengenakan pakaian khas Indonesia ini adalah pilihan terbaik di samping kemeja dan jas serta pakaian-pakaian yang dianggap sopan dan tidak berlebihan lainnya.

Kesan sopan yang kamu hadirkan kemeja interview akan membuatmu mendapatkan apresiasi dari pewawancara. Walaupun kita tidak dituntut untuk tampil formal, namun kesopanan yang kita tunjukkan melalui pakaian akan menjadi nilai plus dimata pewawancara.

Sekian tips aku kali ini. Sampai ketemu di postingan aku berikutnya!
With Love,

Hani Hikaru

You Might Also Like

0 comments

Haii thank you untuk kalian yang sudah meninggalkan coment. Harap cantumkan nama yah, setiap coment yang masuk akan aku balas. Untuk ngobrol langsung dengan aku kamu bisa ADD INSTAGRAM aku @nonahikaru dan tinggalin coment disana kalo coment nya pengen cepet di bales, soalnya aku lebih sering On di IG dibanding di blog.

Kamu juga bisa ADD LINE blog ini di @VJB3280O, nol dulu baru huruf "O" yah. Jangan lupa juga gunakan simbol "@" saat mencari ID diatas.