TRAVELLING : EXPLORE GILI TRAWANGAN

12:02 AM

Haii semuanya..
Buat kamu yang udah baca cerita travelling aku bareng #mytravelmate Sha Aullia di Lombok yang sebelumnya aku bagi jadi 2 post (Part 1 dan Part 2), kali ini aku bakal melanjutkan cerita perjalanan kami. Yeaaaaayy.. jadi setelah 2 hari aku dan bulbul a.k.a Sha Aullia mengeksplore lombok, di hari ketiga kami memutuskan untuk menyebrang ke Gili Trawangan. Mungkin nama pulau ini udah nggak asing lagi di telinga kalian yang suka jalan-jalan. Tapi jujur ini pertama kali nya aku menginjakan kaki di Gili Trawangan. Apakah pulaunya akan seindah Pulau Kabaena atau Pulau Buton Tengah yang pernah aku kunjungi sebelumnya?? Baca terus post ini sampai bawah yah ^^.
Gili Trawangan sendiri merupakan satu diantara 3 pulau kecil yang berada di laut Pulau Lombok. Terdapat 3 Gili yang terkenal yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Kalo kamu travelling ke Lombok wajib banget explore ketiga Gili ini.

Untuk sampai di Gili Trawangan ini aku menyebrang dari Pelabuhan Bangsal dan naik public boat dengan tarif 20.000/orang, perjalanan menyebrang sekitar 30-45 menitan dan public boat nya sendiri hanya ada sampai jam 5 sore saja. Kalo mau sewa speedboat juga bisa tarifnya sekitar 400 ribuan untuk satu speedboat. Sedangkan dari bandara menuju Pelabuhan Bangsal hanya bisa menggunakan mobil sewaan.
Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dibandingkan dengan Gili Air atau Gili Meno. Diantara ketiga Gili tersebut, di Gili Trawangan fasilitasnya paling lengkap, disini terdapat resort, hotel, bar, restaurant, pacuan kuda dan tempat diving. Selain itu di pulau ini juga ada masjidnya loh, jadi kita masih bisa mendengar suara adzan berkumandang. Wisatawan yang datang ke pulau ini 90% merupakan wisatawan asing dan 10% nya wisatawan lokal. Jadi kalo kamu dateng ke pulau ini jangan heran kalo bule lebih mendominasi.
Di Gili Trawangan nggak ada kendaraan bermotor sama sekali, untuk berkeliling ria di pulau ini kita bisa menggunakan sepeda dengan tarif penyewaan 50.000/sepeda untuk 24 jam atau bisa naik cimodo (kereta kuda khas lombok).
Tapi jangan salah sepeda di Gili Trawangan harganya mahal karena waktu disana aku dan my travel mate sempet ngalamin tragedi kehilangan sepeda di malam hari. Alhasil kalo itu sepeda nggak ketemu kita disuruh ganti 2jt dong ;( ;(, untungnya allah masih baik sama kita karena besok paginya sepedanya ketemu. Alhamdulilah!!! ^^.., Jadi sedikit tips buat kalian yang lagi nyewa sepeda di Gili Trawangan jaga baik-baik sepedanya kaya kalian jaga calon pendamping hidup kalian.hahahaha..
Dengan menggunakan sepeda kita bisa mengitari seluruh pulau ini dengan waktu sekitar 2 jam. Lumayan kan sambil olahraga dapet bonus pemandangan yang indah.
Banyak banget hal-hal yang bisa kamu lakukan di Gili Trawangan ini, diantaranya :

Menikmati sunset dan sunrise sekaligus
Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap ke timur dan ke barat dengan jarak yang nggak terlalu jauh jadi kamu bisa menikmati sunset dan sunrise sekaligus di pulau ini.
Berkuda
Gili Trawangan memiliki satu tempat pacuan kuda, yang paling terkenal adalah Sunset Stables dan Stud Tables, tarif penyewaannya sendiri adalah 250k untuk 1 jam.
Bersepeda keliling Gili Trawangan
Merasakan udara segar dan bebas polusi. Menikmati pemandangan alam sambil menggoes sepeda, di sepanjang perjalanan mengitari pulau kamu akan menemukan pemandangan pantai yang indah sepanjang jalan.
Berfoto ria
Yup.. selain menikmati keindahan alam yang ada di Gili Trawangan, kamu bisa mengabadikannya dengan berfoto ria, suatu saat nanti bisa jadi kenang-kenangan kalo kamu pernah ke Gili Trawangan.
Kalopun kamu nggak suka narsis atau selfie kaya aku, kamu bisa mengabadikan pemandangan yang ada di Gili Trawangan.

Serius deh sepanjang jalan mengitari Gili Trawangan kamu akan menemukan banyak spot-spot bagus yang bisa digunakan buat berfoto ria. Jadi siapkan kamera kamu saat travelling ke tempat ini!!!

Berenang & Menikmati Water Sport
Kalo kamu punya sertifikat menyelam, kamu bisa mencoba menyelam disini dan menikmati keindahan bawah lautnya. Kalopun nggak punya sertifikat menyelam, disini tersedia kursus singkat di Discovery Scuba Diving. Tersedia pula berbagai macam olahraga air seperti banana boat ataupun jet sky. Ada juga fasilitas trip 3 Gili sekaligus dengan tarif 100k sudah termasuk biaya kapal, snorkeling dan makan siang. Karena biasanya rombongan, jika ingin melakukan trip 3 Gili kamu harus sudah siap dari jam 9 pagi.
Berjalan kaki
Bagi kamu yang nggak suka naik sepeda, kamu bisa berjalan kaki di sore hari sambil menikmati Gili Trawangan. Kamu bisa berjalan kaki menyusuri pantai yang ada disana dan bermain dengan ombaknya.
Makan sambil bersantai di pinggir pantai
Karena pada siang hari udara di Gili Trawangan sangat-sangat panas, enaknya makan di pinggir pantai. Sambil makan sekaligus menikmati deburan ombak.
Harga makanan disana relatif masih terjangkau kok dan banyak pilihannya.

Sore harinya aku dan my travel mate lebih memilih untuk bersantai di Ombak Sunset sambil menunggu sunset tiba. Yes.. Ombak Sunset adalah salah satu nama hotel dan restaurant yang terkenal di Gili Trawangan.
Tempat ini sangat terkenal karena memiliki ayunan di tepian pantainya. Pokoknya kalo kamu ke Gili Trawangan, kamu wajib banget dateng ke tempat ini.
Di ayunan tersebut kita bisa berfoto ria, disana sudah tersedia jasa fotografer untuk mengabadikan foto kita. Aku dan my travel mate juga nggak mau kalah dong untuk ikutan foto.

Buat kamu yang suka party, di Gili Trawangan juga banyak banget bar dengan live music, dari mulai bar yang musiknya reggae sampai hip hop ada disini. Sepanjang malam kamu bisa berpesta ria.

Aku sendiri menghabiskan waktu 3 hari 2 malam di Gili Trawangan, untuk hotelnya sendiri bervariasi dari mulai hotel biasa sampai resort ada disini. Kamu hanya tinggal menyesuaikan dengan budget yang kamu punya. Sebenernya 3 hari belum puas mengeksplore Gili Trawangan, tapi aku dan my travel mate harus balik ke lombok karena harus melanjutkan perjalanan ke Bali. Tempat ini udah ada dalam daftar list tempat honeymoon aku nanti. Bikin list nya dulu gak apa-apa lah yah, walaupun calonnya belum ada.hehehe
Oke semuanya.. sekian dulu post kali ini. Buat kamu yang mau tau keseruan aku dan my travel mate di Bali tunggu post berikutnya yah. Semoga post ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu yang mau berkunjung ke Gili Trawangan.